DEVELOPMENT OF PHYSICS STUDENT WORK SHEET (SWS) TO BUILD SCIENCE PROCESS SKILL VALUED CONSERVATION

D. Yulianti(1), S. Marfu'ah(2), A. Yulianto(3),


(1) Physics Department, UNNES (Semarang State University) D7 buildings, Gunung Pati Telp. 8508034 Semarang 50229
(2) Physics Department, UNNES (Semarang State University) D7 buildings, Gunung Pati Telp. 8508034 Semarang 50229
(3) Physics Department, UNNES (Semarang State University) D7 buildings, Gunung Pati Telp. 8508034 Semarang 50229

Abstract

Student Work Sheet (SWS) which contains only a summary of the material and exercises does not train students to investigate and develop conservation values. The research objective is to also prepared worksheets guided inquiry that can enhance science process skills, understanding of the concept and develop conservation value. Elements of inquiry and conservation value generated through work instructions and investigation. The study was performed by using one group pretest-posttest design. Research procedures include observation and identification of weaknesses worksheets, planning, early product development and initial field trials. Feasibility and legibility using questionnaires and tests hiatus. The value of understanding the concept derived from the pretest-posttest. Data science process skills gained from the observation during the lesson. Conservation values obtained from the students' self-assessment questionnaire and assessment questionnaire between friends. The analysis showed guided inquiry SWS easy to understand and very fit for use as teaching materials. Test gain showed guided inquiry SWS can enhance science process skills and conceptual understanding, and can be used as a medium to develop conservation value.

LKS yang hanya berisi ringkasan materi dan latihan soal tidak melatih siswa melakukan penyelidikan dan mengembangkan nilai konservasi. Tujuan penelitian R&D ini adalah menyususn LKS yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains, pemahaman konsep dan nilai konservasi. Nilai konservasi dimunculkan melalui petunjuk kerja dan kegiatan penyelidikan.Ujicoba menggunakanOne Group Pretest-Posttest Design. Prosedur penelitian meliputi observasi dan identifikasi kelemahan LKS, perencanaan, pengembangan produk awal dan uji coba lapangan awal. Uji kelayakan dan keterbacaan menggunakan angket dan tes rumpang. Nilai pemahaman konsep  diperoleh dari pretest-posttest. Data keterampilan proses sains diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran. Nilai konservasi siswa diperoleh dari hasil angket penilaian diri dan angket penilaian antarteman. Hasil analisis menunjukkan LKS mudah dipahami dan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Uji gain menunjukkan LKS dapat meningkatkan keterampilan proses sains  dan pemahaman konsep, sertadapat digunakan sebagai media untuk mengembangkan nilai konservasi.

Keywords

SWS, science process skills, conservation values.

Full Text:

PDF

References

Afiyanti, N. A. (2013).Efektivitas Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kepedulian Lingkungan Siswa Sma 13 Semarang Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Amelia, O.T., Yurnetti, & Asrizal. (2013). Pembuatan LKS Fisika Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Kelas X Semester 2. Pillar of Physics Education, vol. 2, 89-96.

Amir, A. S. (2012). Model Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Hidrolisis Garam dengan Metode Praktikum. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Asmawati, Eka Y.S. (2015) Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1) : 1-16.

Brickman,P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2009). Effects of Inquiry based Learning on Students’ Science Literacy Skill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3 (2) : 1-22.

Depdiknas.( 2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Gramedia Widiasmarana.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Kemendiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter tahun Anggaran 2010. Jakarta: Kemendiknas.

Khoirunnisa, L.(2013). Model LKS Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas VIII SMP RSBI. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Masrukhi. (2012). Membangun Karaker Berbasis Nilai Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 1(1) : 20-29.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sabahiyah. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Dasar, vol. 3.

Salirawati, D. (2006). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Makalah dipresentasikan pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat, UNY Yogyakarta.

Suyanto, S., Paidi, & I. Wilujeng. (2011). Lembar Kerja Siswa (LKS). Makalah dipresentasikan pada Pembekalan Guru Daerah Terluar, Terluar, dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, UNY Yogyakarta, 22 November-6 Desember.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta : Cerdas Pustaka Publisher.

Wenning, C. J. (2004). Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal Physic Teacher Education Online, 2(3) : 3-11.

Wibowo, I.( 2010). Anatomi Buku. Bandung: Kolbu.

Yildirim, N., Sevil, K, & Alipasa, A. (2011) . The Effect Of The Worksheets On Student’s Achievement In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education, 8(3):44-58.

Yulianti, D. & Wiyanto.(2009). Rancangan Pembelajaran Inovatif Prodi Pendidikan Fisika. Semarang : LP3 UNNES.

Zainuddin. (2014). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan Model Pembelajaran Inkuiri. Mimbar, 30(1) : 11-17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License