PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU ANIMASI KOMPUTER
(1) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pasir Pengaraian, Indonesia
Abstract
Dalam usaha mendapatkan hasil belajar siswa yang baik maka tenaga pendidikan harus mempunyai strategi dalam melakukan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Advance Organizer. Dalam hal menunjang penggunaan suatu model, maka diperlukannya penggunaan media pembelajaran tertentu, salah satu media yang dapat digunakan yaitu media animasi komputer. Sampel penelitian diambil berdasarkan Sampling Jenuh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok Two group posttest only. Hasil analisis daya serap dalam kategori baik, ketuntasan belajar secara klasikal sudah tuntas dan efektivitas pembelajaran adalah efektif. Ini berarti bahwa penggunaan model Advance Organizer berbantu animasi komputer adalah efektif digunakan dalam melihat hasil belajar fisika siswa SMA Rambah Hilir baik ditinjau melalui daya serap, ketuntasan belajar dan efektivitas pembelajarannya.
In an effort to get the good results of student learning the teacher must have strategies for learning. One model of learning that can be used is Advance Organizer. In terms of supporting the use of a single model, there is a need for the use of specific instructional media. The media that can be used is computer animation media. The design used in this research was the group design of two group posttest only. The results of the analysis of absorption was in good, classical learning completeness has been completed and the effectiveness of learning was effective. This means that the use of model Advance Organizer assested computer animation is effective in view student learning outcomes of physics at SMA Rambah Hilir well reviewed through absorption, mastery learning and learning effectiveness.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriono, D. (2009). Advance Organizer: Konsep, Komponen Model, dan Imple-mentasi dalam Pembelajaran PPKn. Prospektus Volume 7 No. 2.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Asril, Z. (2011). Microteaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Astuti, W. W. (2013). Efektifitas Penggunaan Virtual Laboratory Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA N 1 Tanjung Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.
Athhthibby, A. R. (2010). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Skripsi Ilmu Pendidikan.
Budiyanto, J. (2008). Fisika Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Daniel, K. J., & Polloway, S. P. E. D. (2005). Advance organizers: Activating and Building Schema for more Successful learning in students with disabilities. Lynchburg College Journal Special Education, 201(4), 1-22.
Joyce, B. & Weil, M. (2009). Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Namira, Z. B., Kusumo, E., & Prasetya, A. T. (2014). Keefektifan Strategi Metakognitif Berbantu Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 8(1), 1271-1280.
Rahayu, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Koloid. Journal Of Innovative Science Education, 1(1). 29-35.
Rofiqoh, H. H. & Mara, B. H. (2012). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika. 4(2), 32-37.
Sugiharti, P. (2005). Penerapan Teori Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 29-42.
Shihusa, H. & Fred, N.K. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal Of Mathematics, Science and Technology Education. 5(4), 413- 420.
Tasiwan., Nugroho, S.E., & Hartono. (2014). Pengaruh Advance Organizer Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Analisis –Sintesis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 1-7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License