PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAKULIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSIKAP ILMIAH PADA KONSEP PEMANTULAN CAHAYA KELAS VIII

N. A. Shofiah(1), S. Hendratto(2),


(1) Jakenan, Winong, Pati, Indonesia
(2) 

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap ilmiah, telah dilakukan di kelas VIII semester II
pada sub pokok bahasan pemantulan cahaya. Untuk meningkatkan kemampuan bersikap ilmiah diterapkan model pembelajaran
bakulikan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga sikus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data sikap ilmiah siswa diambil dari lembar angket dan lembar observasi. Data
hasil belajar kognitif diambil dari evaluasi yang ada di LKS tiap akhir siklus dan data hasil belajar psikomotorik diambil dari lembar
observasi tiap akhir siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan walaupun tidak
signifikan. Hasil belajar kognitif dan keterampilan psikomotorik siswa mengalami peningkatan tiap siklus dan mencapai ketuntasan
pada siklus III.

 

A classroom action research aimed to improve scientific attitude skill had been done in second semester of grade VIII MTs on the
subtopic light reflection. The 'bakulikan' learning model was chosen for improving the scientific attitude skills of the students. This
action research consisted of three cycles, and each cycle has four stages, namely, planning, conducting, observation and
reflection. The data obtained through questionnaire and observation sheets. The cognitive achievement drawn from the evaluation
on each worksheet at the end of each cycle, and the psychometrics recorded from observation sheet. The study concludes that the
scientific attitude skill improved significantly. The achievement on cognitive and psychometrics increase gradually on each cycle
and get mastery at the end of the last cycle.

Keywords: bakulikan; classroom action research; scientific attitude

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License