PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Sri Rahayu, Antonius Tri Widodo, Supartono -

Abstract


 Model pembelajaran advance organizer digunakan untuk memberdayakan seluruh

potensi siswa yang diperlukan untuk mengikuti pelajaran selanjutnya, namun keefektifannya

dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar belum pernah diteliti. Tujuan penelitian

ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pengembangan

model pembelajaran advance organizer. Pengumpulan data dilakukan dengan test tertulis,

observasi, angket, dan wawancara. Kesahihan data diuji dengan uji normalitas dan

homogenitas sampel, sedangkan uji beda dua rerata menggunakan uji Mann-Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam

penelitian dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat

dari aktivitas belajar kelas eksperimen yang memiliki rerata lebih tinggi dibandingkan aktivitas

belajar kelas kontrol. Selain itu, hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari KKM yaitu

79,05 sedangkan hasil belajar kelas kontrol dibawah KKM yaitu 68,52. Hasil data angket

yang diperoleh menunjukkan hampir 90% siswa menyukai model pembelajaran advance

organizer.

Kata Kunci:  a

dvance organizer,

aktivitas, hasil belajar


Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.