PEMANFAATAN KIT OPTIK SEBAGAI WAHANA DALAM PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA
(1) 
(2) Jl. Kendeng IV/28 Semarang Telp: (024) 8411402 / HP: 081325586149
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana bentuk kegiatan pemanfaatan kit yang dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, serta sikapsikap
ilmiah apa saja yang dapat dikembangkan melalui pemanfaatan kit dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam empat siklus dengan memanfaatkan kit optik pada pokok bahasan optika geometri. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan sikap ilmiah dapat dilakukan dengan mengembangkan perangkat kegiatan pemanfaatan kit
Optik dalam pembelajaran, meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berorientasi pada aktivitas belajar siswa,
berupa pembiasaan bersikap ilmiah dengan melakukan kerja ilmiah, lembar kerja siswa (LKS) yang dirancang dengan pendekatan
inquiry yang menjadi arah serta panduan bagi siswa dalam bekerja ilmiah. Sikap ilmiah yang dapat dikembangkan dalam penelitian
ini adalah objektif, kritis, ulet, rendah hati, dapat bekerjasama dengan orang lain dan pandangan positif terhadap kegagalan.
Â
This Classroom action research discusses how activities of kit optic utilization can improve students' scientific attitudes and what
scientific attitudes can be developed in their learning. This research is conducted in four cycles that applies kit optic as the main
topic in optical geometry. The result shows that students' scientific attitudes can be improved by implementing specific units of
activity in kit optic utilization in students' learning. They consist of RPP (The Plan for Teaching Implementation) with the orientation
of students' learning activities in the forms of developing students' habit of scientific attitude in scientific project and students' paper
work through inquiry approach. This research suggests that kit optic utilization improves students' scientific attitudes of being
objective, critical, perseverance, modest, cooperative, and optimistic toward failures.
Keywords: kit optic, scientific attitudes, optical geometry, scientific attitude
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License