PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK KELAS X

U. Maghfiroh(1), - Sugianto(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir analitis peserta didik. Untuk mengatasi permasalahantersebut, diterapkan pembelajaran bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) yang bertujuan untukmendeskripsikan pembelajaran bervisi SETS, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis, dan besar indeks kinerjaguru. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Data kemampuan berpikir analitis diperoleh dari lembar kerja siswa, lembardiskusi, dan tes, dilengkapi hasil belajar kognitif yang diperoleh dari tes, dan hasil belajar psikomotorik dari lembar observasi. Hasilanalisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis yang signifikan namun masuk dalam kategorirendah. Selain itu, juga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari kemampuan berpikir analitis, hasil belajar kognitif, danpsikomotorik. Indeks kinerja guru juga mengalami peningkatan di tiap siklusnya. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkanbahwa penerapan pembelajaran bervisi SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik.

 

The background of this study is the low analytical thinking of student. In order to increase it, the SETS vision learning study withthree cycles was performed with the purposes of describing SETS vision learning, increasing students' analytical thinking andexamining index value of teacher work performance. The data of analytical thinking was gathered using students' worksheet,discussion sheet and test, while those of cognitive was gathered using test and the psychomotor was taken from observation sheet.Result of data analysis shows that there is a low significant increase of analytical thinking ability of student. Additionally, there is alsoan increase of classical mastery learning and index of teacher work performance in every cycle. It was concluded that theapplication of SETS based learning can increase the ability of student in thinking analytically.

Keywords: SETS; analytical thinking; Physics learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License