PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PADA POKOK BAHASAN BESARAN DAN PENGUKURAN

S. Widodo, S. E. Sukiswo, N. M. D. Putra

Abstract


Pemberian materi Besaran dan Pengukuran di beberapa SMP kurang memanfaatkan alat peraga, sehingga hasil belajar siswamasih rendah. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan besaran dan pengukurandengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah berupa penelitian tindakan kelas yangmenggunakan rancangan desain one-shot case study. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif diperoleh dari tes, hasil belajarafektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Analisis data penelitian dengan menghitung nilai gain faktor. Data hasilbelajar siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatif model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Based on the earlier observation showing low students' learning achievement of Quantity and Unit material, a classroom actionresearch using one-shot case study design and Numbered Head Together (NHT) model was performed with the aim of increasingthe achievement. The data of affective and psychomotor learning achievement are derived from observation sheet, while those ofcognitive learning achievement was taken from test. From the analysis data using gain factor value, the research shows that there isan increase of learning achievement of the student from one cycle to the next leading to the conclusion that cooperative learningmodel of Numbered Head Together can increase students' learning achievement.

Keywords: Cooperative learning; Numbered head together; Learning achievement


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensep-ISSN 1693-1246 e-ISSN 2355-3812