PROGRAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

- Triwiyono(1),


(1) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing.Program pembelajaran dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui topik getaran, gelombang danbunyi. Untuk melihat efektivitas program pembelajaran, dalam penelitian digunakan metode kuasi eksperimen “non-equilvalentgroups pretest-posttest design†dengan subyek 154 siswa kelas delapan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di KabupatenJayapura. Pada implementasi program, kelompok eksperimen diajarkan dengan metode eksperimen terbimbing dan kelompokkontrol diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) N-gain rata-rata yang diperoleh siswakelompok eksperimen adalah: (a) memberikan penjelasan sederhana 0,42; (b) inferensi 0,62; dan (c) membangun keterampilandasar 0,48, dan (2) N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelompok kontrol adalah: (a) memberikan penjelasan sederhana 0,15;(b) inferensi 0,18; dan (c) membangun keterampilan dasar 0,10. Secara statistik dengan perhitungan pada taraf signifikansi 0,05 Ngainrata-rata kedua kelompok untuk semua indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan perbedaan yang signifikan.Temuan lain dari penelitian ini adalah bahwa program pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing dapatmemperbaiki kualitas pembelajaran fisika pada topik getaran, gelombang, dan bunyi.

 

The aim of the study is to produce a physics learning program using guided experiment method. The program is designed toincrease critical thinking skill of student through the topics of vibration, wave and sound. In order to see the effectiveness of theprogram, the research used experiment quasi method of non-equilvalent groups pretest-posttest design with 154 students ofgrade-VIII subject. In the program implementation, the experiment group was taught by using guided experiment method, while thecontrol group was taught by using conventional method. The result of the research showed that for all indicators, both groups weredifferent significantly. It was also found that guided experiment method can increase the quality of physics lesson in the topics ofvibration, wave and sound.

Keywords: guided exsperiment; critical thinking skill; physics learning program

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License