PEMBELAJARAN KEBENCANAAN ALAM DENGAN MODEL BERTUKAR PASANGAN BERVISI SETS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

S. Masfuah(1), A. Rusilowati(2), Sarwi -(3),


(1) 
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang, Indonesia, 50229
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang, Indonesia, 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir kritis dan sikap siswa terhadap bencana. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen dengan desain control group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi untukmengukur berpikir kritis siswa, serta angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap bencana. Hasil analisis data penelitian denganteknik uji gain ternormalisasi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa berpikir kritis dan sikap siswa terhadap bencana yang diajarmenggunakan model bertukar pasangan bervisi SETS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model diskusi klasikal bervisiSETS.

 

This research intent to know thinks critical and student attitude to disaster. This research utilize experiment method with control'sdesign pre's group post's test test. Instrument that is utilized is essay and observation sheet to measure thinks critical student, andquestionnaire to know student attitude to disaster. analisis's result research data with tech gain's quiz most normalization. Thus,concluded that thinks critical and student attitude to disaster that teaching to utilize model commutes couple get SETS'S visionbetter than student that taught by klasikal's discussion model gets SETS'S vision.

Keywords: SETS; analytical thinking; Physics learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License