PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN KONSEP FISIKA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SEDERHANA

P. Kurnianto(1), P. Dwijanant(2), - Khumaedi(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsep Fisika siswa kelasXI SMA, materi mekanika fluida dengan kegiatan praktikum Fisika sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam tiga siklus setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Lembar observasi digunakan untuk mengamati keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan, sedangkan untukmengetahui peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya digunakan uji gain (g). Hasil penelitian menunjukkan peningkatanketerampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsep Fisika signifikan setelah dilakukan kegiatan praktikum fisikasederhana dalam pembelajaran. Hasil ketuntasan klasikal keterampilan menyimpulkan pada siklus I sebesar 69,44%, siklus IIsebesar 83,33% dan siklus III sebesar 88,89%. Hasil ketuntasan klasikal keterampilan mengkomunikasikan pada siklus I sebesar77,78%, siklus II sebesar 88,89% dan siklus III sebesar 94,44%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan praktikumFisika sederhana materi mekanika fluida dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsepFisika.

 

The purpose of this research is to develop ability of the students of XI grade in concluding and communicating physics concept ofmechanics fluid material using simple physics laboratory activity. This classroom action research was held in three cycles, each ofthem consisting of planning, action, observation and reflection. Observation sheet was used to observe the concluding andcommunicating abilities, while gain test was used to know the increase of the abilities from one cycle to the next. The result showsthat there is an increase of concluding and communicating abilities after having simple physics laboratory activity. The result ofclassical learning mastery of concluding ability in the first cycle is 69.44%, in the second cycle is 83.33% and in the last cycle is88.89%. The result of classical learning mastery of communicating ability in the first cycle is 77.78%, in the second cycle is 88.89%and in the last cycle is 94.44%. In conclusion, the activity of simple physics laboratory can increase ability of concluding andcommunicating physics concept.

Keywords: Concluding ability; Communicating Ability; Simple Physics Laboratory Activity

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License