LATAR BELAKANG KONSEPSI PARALEL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MATERI DINAMIKA

S. Linuwih(1), A. Setiawan(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini mengungkap keberadaan konsepsi paralel pada mahasiswa pendidikan fisika tentang dinamika gaya. Masalah yang
dikemukakan adalah: bagaimanakah karakteristik konsepsi paralel yang terjadi pada mahasiswa pendidikan fisika dalam materi
dinamika? Sejumlah 150 mahasiswa pendidikan fisika disodori dua macam soal tentang konsep/konteks dinamika dan tentang
gaya pada gerak jatuh bebas. Analisis jawaban tes tertulis mengindikasikan adanya kosepsi paralel pada mahasiswa, sehingga
dilakukan wawancara lebih lanjut terhadap 48 mahasiswa. yang mempunyai informasi data konsepsi paralel paling banyak
(opportunistic sampling). Berdasarkan hasil analisis kualitatif terhadap jawaban siswa saat tes tertulis maupun tes wawancara
disimpulkan (1) ada konsepsi paralel yang terjadi pada mahasiswa dengan berbagai tingkat semester dengan kualitas berpikir
yang semakin baik pada semester lebih tinggi, namun ada juga konsepsi paralel yang terjadi pada semua tingkat semester dengan
ciri yang sama, (2) beberapa latar belakang penyebab konsepsi paralel ialah faktor intuisi, fragmentasi, pembelajaran, apresiasi
konseptual dan faktor kerangka teori spesifik.

 

This research reveals the existence of physics students' parallel concept about dynamics force. The problem is what are the
characteristics of parallel concept of the students in learning the topic of dynamics. There are 150 students who were assigned two
kinds of concepts. They were dynamics concept and force in free falling body concept. The students' answers indicate students'
parallel concept happens to the students, so that interview sessions to 48 students having more information about parallel concept
were done (opportunistic sampling). Based on to the results of the qualitative analysis in both treatments, there are two conclusions.
They are: (1) there is a parallel concept of students from various semester levels with a better thinking quality of a higher semester
level, but there is also a parallel concept of students from all semester levels with the same characteristics; (2) there are some
backgrounds which cause the parallel concept, such as the factors of intuition, fragmentation, learning process, conceptual
appreciation, and specific theory domain.

Keywords: dynamics force; parallel concept; physics students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License