PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAKALAH DAN DISKUSI KELAS PADA MATA KULIAH IPBA DENGAN MEMANFAATKAN VIRTUAL RESEARCH

Supriyadi -(1), A. Rusilowati(2), Khumaedi -(3), S.E. Sukiswo(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengalaman mengampu mata kuliah IPBA beberapa tahun di program studi pendidikan Fisika
menunjukkan bahwa penguasaan materi oleh mahasiswa kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
penguasaan materi IPBA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelemahan mendasar mahasiswa menulis paper adalah pada
pembahasan yang belum secara rinci menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Pada saat diskusi kelas yang diikuti 21
mahasiswa yang dibagi menjadi 9 kelompok, setiap kelompok diberi waktu 15 menit presentasi dan 15 menit untuk kegiatan tanya
jawab. Hasil penilian yang dilakukan untuk masing – masing kelompok adalah sebagai berikut : (1) penilaian awal tentang power
point menunjukkan 90%telah dibuat dengan tampilan kategori bagus. Hal ini memungkinkan mengingat sumber data yang ada di
web tersedia banyak, (2) kesesuaian materi presententasi dengan topik yang dipilih 85 % sudah sesuai, (3) Kejelasan anggota
kelompok ketika menyajikan materi presentasi menunjukkan hasil yang memuaskan, yaitu 85 % mahasiswa dapat menjelaskan
materi tersebut.

 

This research was done based on the experiences in teaching Earth Science for several years. It shows that the students' mastery
in this subject was not very satisfactory. Thus, the research to improve the students' understanding about Earth Science is
necessary. The result of this research shows that the basic problem is writing a paper. The students were unable to answer the
problem though they have written a lot of sentences. A discussion which run in 9 groups of 21 students with 15 allocated minutes
presentation and 15 minutes for questions and answers were done. Evaluation for each group is as follows: (1) preliminary
assessment of their presentation materials, 90 % of them are in good categories. It is very possible because of the complete
sources or rich of data from the internet. (2) The conformity between the topic and the presentation content chosen by the student is
about 85%. (3)About 85% of group members can explain the topic in such a good way. They can satisfy the audience by convincing
them with good answers.

Keywords: Earth Science; virtual research; classroom discussion

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License