PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GAYA GESEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

B. Hartati(1),


(1) 

Abstract

Hasil belajar fisika konsep gaya gesek pada bidang belum bisa mencapai 85% dari nilai batas tuntas 64 (KKM Fisika Kelas X SMA
N 2 Pekalongan), disebabkan karena gaya gesek sulit divisualisasikan, belum ada alat peraga yang memadai, dan peserta didik
kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai melalui kajian penelitian ini adalah untuk mendapatkan alat peraga
gaya gesek pada bidang yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui:
identifikasi masalah, kajian teori alat peraga, identifikasi alat peraga yang ada, pembuatan alat peraga, ujicoba tahap 1, analisis
alat, perbaikan alat, ujicoba alat tahap 2, analisis hasil belajar. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas X SMA N 2
Pekalongan sebanyak 34 responden. Data berpikir kritis diperoleh menggunakan lembar pengamatan. Data dianalisis secara
deskriptif dan menggunakan uji t. Hasil pengujian alat menunjukkan bahwa pengembangan alat peraga tersebut secara signifikan
mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji peningkatan
keterampilan berpikir kritis dengan uji t diperoleh thitung = 5,389 dengan taraf signifikansi 0,05. Kegiatan praktikum menggunakan
alat peraga gaya gesek hasil pengembangan secara nyata juga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dari 65,24 naik
menjadi 70,63.

 

Learning achievement of physics on friction force on a plane concept has not been reached 85% from the mastery limit mark of 64. It
was due to the difficulty of visualization of friction force, no suitable teaching aid, and inactive students in learning. The purpose of
this study is to find the teaching aid of friction force on a plane which can increase critical thinking skill of student. This research was
performed through nine steps; those were problem identification, study of teaching aid theory, identification of available teaching
aid, teaching aid fabrication, first trial of instrument, instrument analysis, instrument repairing, second trial of instrument, and
learning achievement analysis. Research subject was grade X student of State Senior High School 2 Pekalongan consisting of 34
respondents. Critical thinking data was found by using observation sheet and analysed using descriptive analysis and t-test. Result
of instrument test showed that development of the teaching aid can increase critical thinking skill and learning achievement of
student significantly. This was showed by result of t-test of critical thinking skill increase test which got tc=5.389 with significance
level of 0.05. Additionally, the result of practicum using developed teaching aid of friction force can also increase learning
achievement of student, from 65.24 to 70.63.

Keywords: Teaching aid; critical thinking; friction force

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License