PENGAJARAN POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Z. Muna(1), M. Sukisno(2), A. Yulianto(3),


(1) 
(2) 
(3) Perum Villa Siberi C. 323 Banjarejo, Boja, Kendal Telp.: (024) 70243631, Mobile Phone: 081575680400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode eksperimen pada pengajaran pokok bahasan pesawat
sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penerapan metode ini dilakukan pada siswa kelas V semester 2
SD Negeri Tayu Wetan 02. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan
materi yang berbeda. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil belajar
kognitif diperoleh melalui postest pada akhir siklus, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh melalui lembar observasi,
sedangkan tanggapan siswa diperoleh malalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran pokok bahasan pesawat
sederhana dengan metode eksperimen yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

The research aimed to investigate whether the implementation of an experimental method on the topic of simple mechanic tools
able to improve primary school students' achievement. The method implemented on grade V second semester student of State
Primary School 02 Tayu Wetan. The study is conducted through classroom action research in three cycles with different lesson
materials. Each cycle consisted of four states, namely: planning, conducting, observation, and reflection. The cognitive data
obtained by the post test at the end of each cycle, the affective and psychomotorics from the observation sheets, and the student's
responses through questionnaire. The study proves that implementing the experiment method of the instructions on simple
mechanic tools topic is proven able to improve student learning achievement.

Keywords: instructions; experiment method; simple mechanic tools

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License