PENGAJARAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI INTELEGENSI GANDA UNTUK SISWA KELAS X SMA

T. Setiyowati(1), M. Sukisno(2), B. N. Mindyarto(3),


(1) 
(2) Jl. Wismasari II/11 Ngaliyan Semarang Tlp: (024) 7600137, Mobile Phone: 08122800534
(3) 

Abstract

Penelitian tentang metode pengajaran dengan menghargai delapan kecerdasan yang ada pada siswa telah dilakukan. Pada
umumnya pengajaran fisika hanya menerapkan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan linguistik, Pengajaran fisika
menggunakan pendekatan teori intelegensi ganda menggunakan kecerdasan matematis-logis, linguistik, musikal, naturalis,
interpersonal, intrapersonal, kinestetik-badani dan spasial. Pelaksanaan pengajaran menggunakan pendekatan teori intelegensi
ganda dapat memotivasi siswa untuk melakukan aktivitas belajar sesuai dengan kecerdasan masing-masing. Penelitian dilakukan
dengan desain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dengan perlakuan pengajaran gelombang
elektromagnetik menggunakan pendekatan teori intelegensi ganda sedangkan pada kelompok kontrol menggunkan pengajaran
konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok
kontrol tetapi setelah dilakukan analisis secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal ini karena waktu yang relatif
kurang dan materi yang dipelajari tidak terlalu sulit dengan jumlah pokok bahasannya sedikit.

 

A research on instruction method with endorsing student's eight intelligent has been done. Usually, physics instructions
implementing mathematic-logic and linguistic intelligent approach only, instead of multiple intelligent: mathematic, logic, linguistic,
musical, natural, interpersonal, kinaesthetic, and spatial. The implementation of multiple intelligent in instruction able to drive the
students to do a learning activity in line with their intelligent. Experiment-control groups design was used in this work. The
experiment group is taught using multiple intelligent models and the control group was conventionally. Based on the analyzed
achievement, the experiment group has higher score than that of control group, but is not statistically significant. The lack of time
and limited material course may affect this phenomenon.

Keywords: electromagnetic wave; experiment-control group; multiple intelligent approach instruction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License