Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berorientasi pada Kemampuan Bepikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar transformasi geometri yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti tahapan R&D (Brog & Gall, 1989). Ujicoba lapangan dilakukan pada siswa kelas XI SMA Fransiskus Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019, dengan XI-A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-A3 sebagai kelas kontrol. Perbedaan perlakuan dari kedua kelas adalah penggunaan bahan ajar transformasi geometri. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk menentukan validitas bahan ajar, angket respon siswa dan praktisi untuk menentukan tingkat kepraktisan dan instrumen tes kemampuan berpikir ktitis siswa untuk menentukan kefektifan bahan ajar setelah pembelajaran yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar tranformasi geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
This research was aimed to develop a geometry transformation learning material that is oriented to students' critical thinking ability. This research was an development research that followed R&D stages (Brog & Hall, 1989)Â until the main field test. The field-testing was conducted on grade XI students of SMA Fransiskus Bandar Lampung academic year 2018/2019 where XI-A1 was chosen as the experiment class and XI-A3 as the control class. The difference in treatment between these two classes was in the using of the geometry transformation learning material. Data were collected using the validation sheet to determine the validity level, the students' response questionnaire to determine the practicality level, and the students' critical thinking ability test instrument to determine the effectivity of the learning material after the learning process. Afterwards, data were analyzed by the difference in mean test. It can be concluded from the research result that the developed geometry transformation learning material was valid, practical, and effective.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhiwibowo, B., & Karyati, (2018), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kreativitas Matematis. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 9 (2) 174-183
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, (Fifth Edition). New York: Longman.
Budiman, I, Sukandi, A, Setiawan, A. (2008). Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Dualisme Gelombang Partikel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Ketertampilan Berfikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (1).
Ennis, R.H. (1993). Critical Thinking Assessment. Journal of Theory Into Practice - The Ohio State University 32(3), 179-186.
Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. New Jersey. Prentice-Hall Inc.
Facione, A.P. (2010). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. California Academia Press, San Francisco. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 4(1).
Happy, N., & Widjajanti, D.B. (2014) Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.
Hasruddin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1): 48-60.
Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching and Learning. Thausand Oaks, California: Corwin Press, Inc. A Sage Publication Company.
Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Maulana, (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Nickerson, R. S.(1987).Why teach thinking? In Teaching Thinking Skills: Theory and Practice. Ed. Joan Boykoff Baron and Robert J. Sternberg. New York: W.H. Freeman & Co.
OECD. (2016). PISA 2015 Results from PISA 2015. New York: Columbia University
Refbacks
- There are currently no refbacks.