Model Pembelajaran Concrete Representational Abstract (CRA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Calon Guru Matematika

Etika Khaerunnisa, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui capaian pemahaman konsep calon guru matematika yang menggunakan pembelajaran Concrete Representational Abstract (CRA). Penelitian ini merupakan studi kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Sampel penelitian adalah calon guru matematika di Jurusan Pendidikan Matematika, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelompok yaitu semester I.B sebagai kelompok eksperimen sebanyak 37 mahasiswa dan semester I.C sebagai kelompok kontrol sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar observasi. Dengan menggunakan uji perbedaan dua rerata diperoleh hasil bahwa pencapaian pemahaman konsep calon guru matematika yang memperoleh pembelajaran Concrete Representation Abstract (CRA) lebih baik daripada calon guru matematika yang memperoleh pembelajaran biasa.

The purpose of this study was to determine the achievement of conceptual understanding of prospective mathematics teachers using Concrete Representational Abstract (CRA) learning. This research is a quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The subject of the study consists of 77 pre-service teachers in the Department of Mathematics Education. The students were divided into two classrooms, experimental (37) and control (40). The research instrument used in the form of a test description of the ability to understand mathematical concepts, and observation sheets. The results show that the achievement of the conceptual understanding of pre-service mathematics teachers who get Concrete Representation Abstract (CRA) learning model is better than pre-service mathematics teachers who get instruction without CRA model.

Keywords

Pemahaman Konsep; Concrete Representational Abstract (CRA); Kapita Selekta Matematika Sekolah

Full Text:

PDF

References

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Software Geogebra. Jurnal Mathematics Education and Science, 2(1), 1-10.

Arifah, Ummi & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Jurnal UNION Pendidikan Matematik, 5(3), 263-272.

Arvianto, I. R., Murtiyasa, B., & Masduki, M. (2011). Penggunaaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pendekatan Instruksional CRA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Carmichael, V.(2016). Common Core Math -Concrete, Representational, Abstract. NC NTSP Fall Institute. Nortcaroli-na.edu.

Dewanti, N.A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas VIII B SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 26.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNISIKA, 3(1), 34-44.

Hanifah, A.A.P. (2018). Hubungan Antara Pemahaman Konsep Dan Kecemasan Menghadapi Mata Kuliah Teori Grup dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, KREANO Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 156-163.

Harrison, M., & Harrison, B. (1986). Developing Numeration Concepts and Skills. Arithmetic Teacher, 33, 1-21.

Hauser, J. (2007). Concrete-Representational-Abstract Instructional Approach. The Access Center: Improving Outcomes for all Students K-8. The access center, 1-6.

Kuntari, dan Setiyani. (2017). Desain Modul Pembelajaran Dengan Pendekatan Concrete Representasional Abstract (CRA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207-217.

Mardiana, S. S., & Hidayanto, E. (2017). Students' Growth of Mathematical Understanding in Solving Derivative Students' Growth of Mathematical Understanding in Solving Derivative Problem. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(3), 36–41.

Mas’udah, U., & Nursit, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PDEODE (predict, discuss, explain, observe, discuss, explain) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTS Al-Ihsan, Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(2), 291-299.

Ningsih, Y.L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Jurnal Edumatica, 6(1), 1-8.

Powell, S, R. dan Pamela M, S. (2013). Intervention Name:Concrete-Representational-Abstract. Tersedia pada http://ebi.missouri.edu/wp-content/uploads/2013/08/EBI-Brief-Template-Concrete-Representational-Abstract.pdf. (diakses 15 Juli 2018).

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2005). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FPMIPA UPI Bandung. 2002.Tim PPPG Matematika. Materi Pembinaan Matematika SMP. Yogyakarta: Depdikbud.

Tim PPPG Matematika. (2005). Materi Pembinaan Matematika SMP. Yogyakarta: Depdikbud.

Turrizkiyah, R., & Utomo, R. B. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar Pada Siswa Kelas VII Mts Daarul Muttaqien. Journal of Mathematics Education, 2(2), 54-64.

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. (Doktoral Dissertation) Bandung: IKIP Bandung (Tidak diterbitkan).

Witzel, B. S., Riccomini, P. J., & Schneider, E. (2008). Implementing CRA with secondary students with learning disabilities in mathematics. Intervention in School and Clinic, 43(5), 270-276.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.