Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan

Ni Putu Novianty Sari, Yusuf Fuad, Rooselyna Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa SMP dalam memecahkan masalah pola bilangan. Indikator berpikir aljabar yang digunakan, yaitu generalisasi, abstraksi, berpikir analitik, berpikir dinamik, pemodelan dan organisasi. Kelas 8B dipilih secara purposif dari dua kelas 8 pada SMP LabSchool Unesa Surabaya. Semua siswa kelas 8B, terdiri atas 21 laki-laki dan 9 perempuan, harus mengerjakan tes kemampuan matematika (TKM) dan tes pemecahan masalah (TPM). Hasil tes TKM, TPM dan dokumen nilai ujian tengah semester (UTS) mengidentifikasi 1 siswa berkategori matematika tinggi, 10 siswa berkategori matematika sedang dan 19 siswa berkategori matematika rendah. Selanjutnya, dipilih sebagai subjek penelitian, dengan sepersetujuan siswa, yakni seorang siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi dan masing-masing seorang siswa perempuan berkemampuan matematika sedang dan rendah. Data penelitian diperoleh dari jawaban TPM dan wawancara berbasis TPM. Keabsahan data diuji dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator berpikir aljabar dan semua langkah pemecahan masalah. Siswa kemampuan matematika sedang mampu menerapkan semua langkah pemecahan masalah, namun hanya memenuhi  indikator generalisasi, abstraksi, pemodelan dan berpikir analitik. Siswa kemampuan matematika rendah masih mengalami kesulitan untuk menerapkan keempat langkah pemecahan masalah, dan hanya mampu memenuhi indikator abstraksi, berpikir dinamik, berpikir analitik, dan pengorganisasian. Dengan demikian kemampuan berpikir aljabar siswa SMP signifikan berpengaruh pada penyelesaian permasalahan pola bilangan. Oleh karena itu guru disarankan untuk lebih banyak memberi latihan untuk mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah pola bilangan.

Kata Kunci: Berpikir Aljabar, Kemampuan Matematika, Masalah Pola Bilangan, Pemecahan Masalah.

Keywords

Berpikir Aljabar, Kemampuan Matematika, Masalah Pola Bilangan, Pemecahan Masalah.

References

Van Ameron, B. (2002). Reinvention of early algebra. Developmental research on the transition from arithmetic to algebra. Freudenthal Instituut, Utrecht. ISBN 90-73346-48-7

Badger, M.S., Sangwin C.J dan Hawkes T.O. (2012). Teaching Problem-Solving in Undergraduate Mathematics. Conventy University UK.

Lawrence, A. and Hennessy, C. (2002) Lessons for Algebraic Thinking: Grade 6-8. Sausalito: Math Publications

Lew, Hee Chan. (2004). Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics. The Mathematics Educator , Vol.8, No.1, pp. 88 - 106.

Lubis, J.N. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning. Vol. 4, Issue 2, pp: (131-137), Month: March – April 2017. ISSN 2394-9686.

Mulligan, J. (2009). Awareness of Pattern and Structure in Early Mathematical Development. Mathematics Education Research Journal 2009, Vol. 21, No. 2, pp. 33-49

Nurhayati, D. (2017). Analysis of Secondary School Students' Algebraic Thinking and Math-Talk Learning Community to Help Students Learn. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 895 (2017) 012054. doi :10.1088/1742-6596/895/1/012054

Papic, M. (2013). A Mathematics Intervention: The Case of 4 year-old Rylan and Hilda. Procedia - Social and Behavioral Sciences 106 ( 2013 ) pp. 92 – 101.

Patton, B. (2012). Analyzing Algebraic Thinking Using “Guess My Number†Problem. International Journal of Instruction. January 2012 Vol.5, No.1. e-ISSN: 1308-1470.

Phonapicat, P., Wongwanich, S. and Sujiva, S. (2014). “An Analysis Of Elementary School Students’ Difficulties In Mathematical Problem Solving,†in Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, pp. 3169 – 3174.

Polya, G. (1975). How to Solve It. New Jersey: Pricenton University Press

Walle, J.A. (2013). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. New Jersey: Pearson.

Warren, E.. Jodie M., dan Thomas J.C. (2012). Exploring Young Students’ Functional Thinking. Proceedings of the 35th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 4, p. 329-336). Ankara, Turkey: PME

Warren, E. (2013). Exploring Young Students’ Functional Thinking. Proceedings of the 35th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. 1, 75-84. Ankara, Turkey.

Warsitasari. (2015). Berpikir Aljabar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal APOTEMA, Vol. 1, No. 1, Januari 2015

Wilujeng, H. (2017). Profile Of Student Algebra Thinking Ability Based On Mathematical Preliminary Skills. International Journal of Research - Granthaalayah, 5(11), 210-216. https://doi.org/10.5281/zenodo.1095429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.