Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah

Richa Munna Sari, Hapizah Hapizah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar program linear kelas XI berbasis android untuk pembelajaran berbasis masalah  yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya bahan ajar program linear berbasis android yang memuat model pembelajaran didalamnya, terutama pembelajaran berbasis masalah. Pengembangan bahan ajar program linear ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Peneliti mendapatkan data penelitian melalui walktrough, observasi serta angket peserta didik. Bahan ajar program linear ini dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dan uji coba one to one dengan ditinjau dari tiga aspek, yaitu konten, konstruk, serta bahasa. Kepraktisan bahan ajar ini ditinjau dari hasil observasi dan angket peserta didik pada uji coba small group. Hasil observasi dan angket peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar program linear berbasis android untuk pembelajaran berbasis masalah yang peneliti kembangkan telah praktis dengan masing masing memperoleh presentase sebesar 92,00% dan 90,00%.

This research aims to produce linear program teaching material for 11th grade is based by android for problem based learning that is valid and practical. This research is motivated by there is not linear program teaching material is based by android which has model learning, especially problem based learning. The development of linear program teaching materials is done using the ADDIE development model. Researchers obtain research data through walkthrough, observation and student questionnaires. This linear program teaching material is declared valid based on the results of the validation and trials one-to-one reviewed from three aspects, namely content, construct, and language. The practicality of this teaching material is reviewed from the observations and questionnaires of students in the trial small group. The results of observations and questionnaires of students showed that the teaching materials for android-based linear programs for problem-based learning that researchers developed were practical with each getting a percentage of 92.00% and 90.00%. 

Keywords

Development; teaching materials; linear programs; based on Android; PMB

References

Ahmad, H., Nurhidayat, & Nurdin. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal MathEducation Nusantara. 1(1): 20-24.

Akker, J. (1999). Principle and Methods of Development Research dalam (Eds). Design Approches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Klower Academic Publicer.

Angkotasan, N. (2014). Keefektifan Model Problem-Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(1): 11-19.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muhammadiyah Metro. 7(1): 161-170.

Ariawan, B., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Edutaiment Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Program Linier Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 2(6): 780-789.

Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 141-150.

Ayuwandari, G., & Suparman. (2018). Deskripsi Bahan Ajar Matematika untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 6: 705-711.

Barus, E. L., & Sani, A. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran latihan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan energi di Kelas X Semester II. Jurnal Inovasi Pebelajaran Fisika (INPAFI). 5(4): 16-22.

Branch, M . R. (2009). Instructional Desaign: The ADDIE Approach. London: Springer.

Dimyani & Mawartiningsih, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Peningkatan Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan dan Upaya pelestariannya. Proceeding Biology Education Conferene. 15(1): 484-490.

Effendi, M.H., Yusnelti, & Hasanah, N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Kelas XI IPA di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 8(2):35-44.

Effendy, J. J., Kuntjara. A. P., & Sutanto. R.P. (2018). Perancangan Lirik Animasi sebagai Penunjang Ibadah Anak Muda Gereja Mawa Sharon. Jurnal DKV Adiwarna. 1(12):1-10.

Fatma. A. D., & Partana. C. F. (2019). Pembelajaran Berbantuan Aplikasi android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(2): 229-236.

Haddouche, H., & Salomone, C. (2017). Generation Z and Tourist experience: Tourist Stories and Use of Sosial Networks. Journal of Tourism Future. 4(1): 67-79.

Hariati, P. N. S., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma. 6(1): 18-22.

Harususilo, Y. E. (2018). Ki Hajar Dewantara dan 'Guncangan' Pendidikan Era Industri 4.0. http://www.edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/ki-hajar-dewantara-dan-guncangan-pendidikan-era-industri-40. Diakses pada 27 Maret 2019.

Kemendikbud. (2018a). KI KD Kurikulum 2013 Jenjang SMA, MA, SMK Terbaru. http://www.panduandapodik.id/2018/01/ki-kd-kurikulum-2013-jenjang-sma-ma-smk-terbaru.html?m=1. Diakses pada 07 April 2019.

Kemendikbud. (2018b). Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) Tahun 2019. http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2018/12/kisikisi-ujian-sekolah-berstandar-nasional-usbn-dan-ujian-nasional-un-tahun-2019. Diakses pada 07 April 2019.

Kurnia, I. A., Jalinus, & Siregar, S. (2017). Penerapan Model Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII 5 SMP Negeri 16 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 4(1): 1-10.

Kurniawan, H. (2016). Yuk, Belajar Gratis Lewat Portal Rumah Belajar. http://www.m.merdeka.com/amd/pendidika/yuk-belajar-gratis-lewat-portal-rumah-belajar.html. Diakses pada 07 April 2018.

Latif, A. (2019). Tantangan Guru Menghadapi Peserta Didik Generasi Z. http://www.kompasiana.com/altip/5c490a3643322f600b7129f2/tantanga-guru-menghadapi-peserta-didik-generasi-z?page=all. Diakses pada 27 Maret 2019.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.5(2):153-166.

Maimunah., Hariyansyah., & Jihadi, G. (2017). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, LLN. (2014). Brain Based Teaching and Learning.Yogyakarta:Teras.

Musrofi, M. (2008). Creative Manager, Creative Enterpreneur. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Muyawaroh, S., & Fajartia. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 6(2):79-83.

Nurjanah, S., Istiqomah, & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear pada Siswa Kelas XI TKJ SMK Piri 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomanesia, (hal. 821-827).

Nuzar, I. (2018). Penetrasi Internet Didominasi Gen Z. http://www.teknopreneur.com/2018/02/19/penetrasi-internet-indonesia-didominasi-gen-z/. Diakses pada 20 April 2019.

Pradilasari, L., Gani, A & Khaidun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Indonesian Journal of Science Education. 7(1): 9-15.

Prisiska, R. N., Hapizah, & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmatika Sosial Kelas VII . JPPM. 10(2): 82-94.

Putri, R. (2011). Assessment in Mathematics Education. Palembang: Unit Perpustakaan PPS Universitas Sriwijaya.

Rachman, A. F. (2015). Android Kuasai Asia Tenggara, di Indonesia Paling Juara. http://m.detik.com./inet/consumer/d-3054169/android-kuasai-asia-tenggara-di-indonesia-paling-juara. Diakses pada 20 April 2019.

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA Al Bayyinah Pekan Baru. JURING: Journal of Research in Mathematics Learning. 1(1): 91-98.

Rahmadani, N ., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matemtika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3): 241-250.

Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. JPPM . 1(1): 42-50.

Sari, M. N., Ellizar., & Fitriza. Z. (2018). Pengembangan Modul Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Menara Ilmu. 12(12):38-47.

Sari, I. W., & Sumuslistiana. (2018). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Program Linear Kelas XI di SMA Widya Dharma Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 3(2): 175-193.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android sebahai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya. 33(2) 87-92.

Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as Media Promotion. CCIT Journal. 9(3): 318-327.

Tapscott, D. (2009). Grow Up Digital, Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tessmer,M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited.

Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 195-208.

Zidniyati. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: KAjian Pendidikan Islam. 3(1):41-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.