Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Muhammad Faruq Wahyu Utomo, Heni Pujiastuti, Anwar Mutaqin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika yang ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 siswa kelas X IPA 4 MAN 2 Kota Serang semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematika, tes Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengetahui jenis gaya kognituif siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent secara bersamaan mampu menjawab dengan tepat dan memenuhi pencapaian indikator soal dengan baik pada level 1, 2, dan 5. Siswa field independent yang telah mampu menggunakan aspek penalaran spasial dan menggunakan representasinya dengan baik. Siswa field dependent belum mampu menggunakan aspek penalaran spasial dan belum dapat menggunakan representasinya dengan baik. Siswa field independent dan siswa field dependent belum mampu menggunakan konsep generalisasi.

This study aims to describe the ability of mathematical literacy in terms of students' cognitive styles. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study consisted of 4 students of Class X IPA 4 MAN 2 Serang City in the even semester of the 2019/2020 school year. The instrument used in this study was a test of mathematical literacy ability, a Group Embedded Figure Test (GEFT) test to find out the types of students' cognitive style, and interview guidelines. The results of this study indicate that students with field independent and field dependent cognitive styles simultaneously are able to answer appropriately and meet the achievement of problem indicators well at levels 1, 2, and 5. Field independent students who have been able to use aspects of spatial reasoning and use their representations with well. Field dependent students have not been able to use aspects of spatial reasoning and have not been able to use their representations properly. Field independent students and field dependent students have not been able to use the concept of generalization. 

Keywords

Kemapuan Literasi Matematika; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References

Alvani. (2016). Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal tentang Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 171–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6437

Badjeber, R., & Mailili, W. H. (2018). Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. JPPM, 11(2), 41–54.

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar (p. 6). p. 6. Ngawi Jawa Timur: STAI Ngawi.

Dewabtara, M. (2019). Hasil PISA 2018 resmi diumumkan, Indonesia alami penurunan skor di setiap bidang. Diambil dari : https://www.zenius.net/blog/23169/pisa-20182-2019-standar-internasional

Dibyantoro, W. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstektual dengan Gaya Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Terbuka.

Fatmawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif. Simki-Techsain, 02(07), 1–11.

Hasbulloh, & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika.

Herliani, E. F., & Wardono. (2019). Perlunya Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif dalam Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( RME ). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 234–238.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. PEDAGOGIA, 2(1), 71–83.

Ningsih, P. S. (2017). Analisis Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71.

Putriana, Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif Siswa SMA. Universitas Muhammadiyah.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? (pp. 713–720). pp. 713–720. Yogyakarta: Pendidikan Matematika UNY.

Setyaningsih, L. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII pada Model Elicting Activities (MEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (13th ed.). Bandung: CV. ALFABETA.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan karakter serta pengembangan berfikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. Nusa Tenggara Timur.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.