Pemberdayaan Pembelajaran Materi Ajar Identifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Bagi Pengembangan Nilai Karakter Berpikir Kritis dan Logis

Afia Rahmadini

Abstract

Kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dikeluarkannya Permendiknas no. 41 tahun 2007 tentang standar proses dan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah hasil pengembangan dan ketercapaian pelaksanaan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif pada materi pokok mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar di SDN Sekaran 01? Bagaimanakah kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan? Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development dengan menggunakan Model 4 D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Sementara tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan mengingat terbatasnya waktu dan biaya.  Adapun hasil penelitian ini adalah (1)perangkat pembelajaran berupa RPP dengan lampiran- lampirannya yang berupa LAS, LTS, prototype APM, dan setting lingkungan yang valid; (2) perangkat dapat diterapkan dengan kategori keterlaksanaan adalah terlaksana dengan baik, KBM berjalan lancar dan pembelajaran mampu memacu semua siswa untuk aktif sehingga secara empiris perangkat yang dikembangkan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran; (3) kualitas proses pembelajaran cukup tinggi hal ini ditinjau dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan kelas 88,37%, motivasi belajar  25,58% siswa tinggi dan 74,42% siswa memiliki motivasi sangat tinggi, respon siswa positif sebanyak 97,67% dan kesan guru terhadap penerapan perangkat yang dikembangkan positif  sebanyak 100%.

 

Full Text:

PDF

References

Adhi, Nuriana Rahmawati Dewi Nino. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Topik Teorema Phytagoras yang berdasarkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Thesis Pendidikan Pascasarjana Pendidikan Matematika Unnes

Ahmadi, Abu dan Soleh, Munawar. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardana, I Made. 2008. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis Jurnal Penelitian Undiksha, April 2008 Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Undiksha Mars

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astirohadi (2008). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar. Dalam http://aristorahadi.wordpress.com/2008/05/17. [diunduh 19 Februari 2009].

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Dantes, Nyoman. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Desember 2003. Institut keguruan dan ilmu pengetahuan Negeri Singaraja ISSN 0215-8250

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. dan Zain, Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, S. E. W. 1989. Pengajaran Ilmu Pengetahuan di SD. Jakarta: LPTK Depdiknas.

Fajar, Arnie. 2002. Portofolio Pelajaran IPS. Bandung : PT Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartono, Agus Budi. 2004. Pendekatan Kontekstual Mengokohkan Akuntabilitas Pembelajaran Matematika. Makalah Pelatihan Instruktur 14 – 28 September 2004 PPPG Yogyakarta.

Hawa, Siti. 2006. Kegiatan Eksperimen pada Pengajaran Matematika sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika.dalam Forum Kependidikan Vol 25 NO 2 Maret 2006 ISSN 0215-9392

Hawa, Siti. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dikembangkan oleh Konsorsium PJJ S1 PGSD.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Moleong, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Yasin, dan Senduk, A G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNM Penerbit Penerbit Percetakan.

Rusdi, Andi. (2008) Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Dalam http://www Andirusmath Blog at WordPress.com. [diunduh 19 Feb 2009].

Sinaga, Elfrida. (2006). HDI Indonesia Urutan ke 110 dari 177 Negara. Dalam http://www .freelists. org/archives/ ppi/ 11-2005/ msg00261. html [diunduh 19 April 2007].

Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar? Jakarta: PT Widiasarana Indonesia

Soejanto. 1977. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 1992. Orientasi Masa Depan matematika Sekolah di Indonesia (Media Pendidikan Matematika Nasional). Surabaya: IKIP Surabaya

Somakim. 2008. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Dikembangkan oleh Konsorsium PJJ S1 PGSD Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif John Piaget. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuaitatif, Kuantitatif R dan D). Bandung : Alfabeta

Sukayati. 2004. Contoh Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/ Pengembang Matematika SD Jenjang Lanjut tanggal 6-19 Agustus 2004 di PPPG Matematika Yogyakarta.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif John Piaget. Yogyakarta : Kanisius.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar – Dasar Proses Pendidikan Matematika. Semarang: Tidak diterbitkan.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Usman, M. U. 2002. Menjadi Guru Profesional . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Waluyo, S. B. (Ed). 2006. KNM XIII dengan tema Matematika dan Aplikasinya 30 tahun Himpunan Matematika Indonesia.24-27 Juli 2006. Prosiding. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Yunanto, Sri Joko. 2004. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: PT Grasindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.