Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika

Rochmad Rochmad

Abstract

Akhir-akhir ini beberapa mahasiswa dalam menyusun skripsi atau tesisnya berkaitan dengan penelitian pengembangan. Beberapa mahasiswa dalam menyusun desain penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Four-D yang meliputi langkah-langkah: define, design, develop, dan disseminate;  menggunakan model Plomp yang meliputi langkah-langkah: prelimenary investigation; design; realization/construction; test, evaluation and revision; dan implementation; dan beberapa mahasiswa lainnya menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran selain dari dua model tersebut. Namun, masih banyak mahasiswa yang kurang memahami dan tepat dalam memaknai dan mendiskripsikan langkah-langkah kegiatan yang terkandung dalam model pengembangan perangkat pembelajaran yang dipilih. Studi ini merupakan analisis terhadap desain model pengembangan perangkat pembelajaran, dimaksudkan untuk memperluas ide dan wawasan mahasiswa sehingga diharapkan dapat melakukan analisis dan mengaplikasikannya dalam desain penelitiannya, khusunya pada penelitian pengembangan. Fokus dari tulisan ini adalah diskripsi hasil analisis dari kegiatan yang terkandung dalam langkah-langkah atau fase-fase model Four-D dan model Plomp. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan analisis terhadap desain model penelitian pengembangan lainnya, dan memodifikasi berdasar analisis ilmiah yang logis sesuai dengan penelitiannya. Di samping itu, dalam artikel ini disajikan alternatif  uji kualitas prototipe hasil pengembangan.

Full Text:

PDF

References

Akker, J. van den. 1999. Principles and Methods of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Joyce, B & Weil, M. 1992. Models of Teaching. Fourth Edition. London: Allyn and Bacon.

Kessel, J. 1999. A Relational Approach to Curriculum Design. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Moonen, J. 1999. The Design and Prototyping of Digital Learning material: Some New Perspectives. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Plomp, Tj. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.

Plomp, Tj & Wolde, J. van den. 1992. The General Model for Systematical Problem Solving. From Tjeerd Plomp (Eds.). Design of Educational and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente. Enschede the Netherlands.

Reigeluth, C.M. 1999. Instructional-Design Theories and Models Volume II: A New Paradigm of Instructional Theory. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Vissher-Voerman, Gustafson, dan Plomp, Tj. 1999. Educational Design and Development: An Overview of paradigms. Dalam Plomp, Tj; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.