Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar

Ardhi Prabowo

Abstract

Perkuliahan studi kasus dan seminar diselenggarakan Jurusan Matematika FMIPA UNNES pada setiap semester genap. Perkuliahan diikuti oleh mahasiswa semester 4 atau lebih yang telah lulus dari mata kuliah statistika elementer, statistika inferensial, dan statistika non-parametrik. Bebekal kemampuan prasyarat dan teori yang lengkap, maka sungguh tepat jika kemudian mahasiswa melaksanakan perkuliahan studi kasus dengan kegiatan empirik. Kegiatan empirik tersebut selaras dengan pembelajaran berbasis proyek (project based learning, PBL). Permasalahan muncul, pembelajaran berbasis proyek yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam perkuliahan studi kasus dan seminar. Pada prinsipnya, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus didalamnya. Penelitian ini akan dihentikan jika mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip kasus dalam statistika secara utuh. Memahami berarti mahasiswa dapat menyampaikan dan mengalami sendiri kasus yang terjadi. Pada akhirnya, berdasarkan dua siklus yang dilakukan, disimpulkan bahwa mahasiswa telah memahami permasalahan dan kasus yang mungkin ada pada pengolahan data dan analisisnya. Kasus-kasus tersebut antara lain terjadi pada masalah: data dan jenis data, pengumpulan data, dan statistika yang digunakan.

Full Text:

PDF

References

Aiedah, A.K. & Audrey Lee, K.C. 2012. Application of Project-Based Learning in Students’ Engagement in Malaysian Studies and English Language artikel dalam Journal of Interdisciplinary Research in Education (JIRE. Vol. 2(1): 37-46. ISSN 2232-0180.

Baker, E. et all. 2011. Project-based Learning Model, Relevant Learning for the 21st Century. Canberra: Pacific Education Institute at www.pacificeducationinstitute.org.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Dopplet, Y. 2003. Implementation and Assessment of Project-Based Learning in a Flexible Environment, artikel dalam International Journal of Technology and Design Education 13, 255–272. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Joyce , B. & Weil, M. 1980. Model of Teaching. London: Allyn and Bacon.

Kamdi, W. 2008. Project-Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Makalah. Disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, 31 Oktober s.d. 2 November 2008. Tersedia pada www.snapdrive.net. Diakses pada 12 Oktober 2011.

Kurniawan, A. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Terkait Sains Siswa SMP (Studi Esperimen di SMP Negeri 4 Singaraja), artikel dalam Jurnal Pendidikan IPA. Pascasarjana UNDHIKSA, Vol 2(1). Diterbitkan di halaman http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/399.

McNiff, J. & Whitehead, J. 2002. Action Research: Principle and Practice Second Edition. London and New York: Routlegde/ Falmer.

Mergendoller, J.R, et.all., 2006. Pervasive Management of Project Based Learning: Teacher as Guided and Facilitators. Dalam Evertson, C.M & Weinstein, C.S.(Ed), Handbook of Classroom Management Reseach, Practice dan Contemporary Issues. Lawrence Erlbaum Associates Inc. Publisher.

Moleong, L. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. & Inhelder, B. 1969. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Prabowo, A. 2012. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Lifeskill dengan Bantuan Blog Sebagai Sumber Belajar Karya Mahasiswa. Diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika VI, ISBN. 978-602-17495-0-0, halaman: 598 609

Santyasa, I W. 2006. Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, Dan Orientasi NOS. Makalah. Disajikan dalam Seminar Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Di Semarapura.

Thomas, J.W. 2000. A Review Of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation. Tersedia pada: http://www.Autodesk.com. Diakses pada 4 Oktober 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.