Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar

Muslimin Muslimin, Ratu Ilma Indra Putri, Somakim Somakim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep-konsep pada materi pengurangan bilangan bulat melalui HLT, yang didesain dengan permainan tradisional congklak. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al Furqon Palembang yang merupakan salah satu sekolah mitra PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain (design research). Penelitian didesain melalui pembelajaran materi pengurangan bilangan bulat menggunakan konteks permainan tradisional congklak. Tahapan penelitian dengan persiapan percobaan (preparing for the experiment), percobaan desain (design experiment), dan analisis retrospektif (retrospective analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman siswa mengenai konsep pengurangan bilangan bulat dapat dipicu dengan menggunakan permainan tradisional congklak sebagai konteks dalam pembelajaran. Lintasan pembelajaran terdiri dari empat aktivitas untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu bermain congklak, bermain kartu congklak, bermain kartu bilangan, dan bermain dadu pengurangan untuk menyelesaikan masalah kontekstual pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan simbol pengurangan secara formal.

Full Text:

PDF

References

Alexander. 2009. Cara Mengajar Operasi Pengurangan.

Arikunto, S. 2000. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Bakker, A. 2004. Design Research in Statistics Education on Symbolizing and Computer Tools. Utrecht: Utrecht University.

Charitas, R. 2012. Learning Multiplication Using Indonesian Tradisional Game in Third Grade. IndoMS. J.M.E. Vol. 3(2) July 2012, pp. 115-132.

Djaali & Muljono, P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fosnot, Catherine Twomey &Maarten Dolk. 2001. Young MATHEMATICIANS AT WORK, Constructing Number Sense, Addition, and Subtraction. United States of America: acid-free paper.

Garris, R., Ahlers, R., & Driskell, J. E. 2002. Games, motivation, and learning A research and practice model. Simulation & Gaming, 33(4), pp. 441-467.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Gravemeijer, K. & Van Eerde, D. 2009. Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal. Vol. 109 (5), pp. 510-524.

Gravemeijer, K. & Cobb, P. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. In Jan van den Akker, et.al. Educational Design Research. London: Routledge.

Hadi, S., Zulkardi, & Hoogland, K. 2010. Quality assurance in PMRI - Design of standards for PMRI. In R. K. Sembiring, K. Hoogland, & M. Dolk, A decade of PMRI in Indonesia. pp. 153-174. Bandung, Utrecht: APS International.

Hudojo, Herman. 2003. Guru Matematika Kontruktivis. Makalah disajikan pada Seminar Nasional, tanggal 27-28 Maret di USD Yogyakarta.

Ilma, Ratu. 2009. Efek Potensial pelatihan PMRI terhadap Guru-Guru matematika Di Palembang, artikel dalam Jurnal pendidikan Matematika. Vol. 3(2) Desember 2009.

Jaelani, A. 2012. Students’ Strategies of Measuring Time Using Tradisional Gasing Game ini Third Grade of Primary School, artikel dalam IndoMS. J.M.E. Vol. 3(2) July 2012, pp. 213-224.

Johar, R. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik secara Tematik di kelas 1 SD, artikel dalam Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(2), Juli 2007. Palembang: PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Legowo, Sapto. 2006. Penggunaan Alat Peraga Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Di SD Sompok 03 Semarang, artikel dalam Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(1) Maret 2006.

Plomp, T. 2010. Educational Design Research: an Introduction. Proceedings of the seminar on ‘educational design research’ conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China). Enschede: Netzodruk.

Sari, Novita. 2013. Desain Pembelajaran Materi Perkalian Melalui membuat Kepang Karet yeye Di Kelas II Sekolah Dasar. Tesis. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Simonson. 2006. Design-Based Research, Aplications for Distance Education, artikel dalam The Quarterly Review of Distance Education Journal. Vol. 7 (1), ed. vii-viii.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

, R. 2007. Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, artikel dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(2), pp. 1-10.

Somakim. 2008. Unit 2: Teori Belajar Dienes. In Nyimas Aisyah, dkk. Bahan Ajar Cetak: pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, (pp. 2-1 – 2-42). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Thomson, I. 1999. Mental Calculation Strategies for Addition and Subtraction. Leicester: The Mathematical Association.

van den Heuvel-Panhuizen, M. 2003. The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: An Example from a Longitudinal Learning Trajectory on Percentage, artikel dalam Educational Studies in Mathematics Journal, Vol. 54, pp. 9-35.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik - Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkardi. 2005. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Disampaikan pada Rapat Khusus Terbuka Senat Unsri September 2005. Palembang : Percetakan Unsri.

--- . 2009. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIV. Palembang:Program Studi Magister Pendidikan Matematika UNSRI.

--- . 2009 The “P” in PMRI: Progress and Problems. Preceedings of IICMA 2009 Mathematics Education, pp. 773-780. Yogyakarta: IndoMs.

--- . 2002. Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teachers. Utrecht: Utrecht University.

Zulkardi & Ilma, R. 2006. Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang: IndoMS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.