Suplemen Panduan Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Tematik Kompetensi Dasar Matematika Kelas IV

Isti Hidayah, Sugiarto Sugiarto, Heri Sutarto

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD) dengan penguatan tahapan enaktif-ikonik-simbolik berbantuan serang-kaian pertanyaan produktif. Perangkat pembelajaran berupa Panduan Guru sebagai suple-men dalam mengembangkan rancangan pembelajaran tematik kompetensi dasar (KD) Ma-tematika kelas IV semester gasal. Penelitian ini telah menghasilkan Panduan Guru dengan perangkatnya, yaitu alat peraga sebagai representasi enaktif; media visual dalam bentuk po-werpoint sebagai representasi ikonik; lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan lembar tu-gas peserta didik (LTPD), serta kartu masalah (contextual problem). Produk yang telah di-hasilkan akan membantu guru dalam mengembangkan rancangan pembelajaran dalam im-plementasi Kurikulum 2013. Hasil implementasi menunjukkan bahwa produk penelitian be-rupa Suplemen Panduan Guru membantu guru dalam mengembangkan rancangan dan pe-laksanaan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Penyempurnaan Suplemen difokuskan pada keterpaduan aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Kata kunci: suplemen panduan guru; pembelajaran tematik KD Matematika; contextual

                        problem

 

 

Abstract

The purpose of this research is to develop elementary mathematics learning devices with reinforcement stages enactive-iconic-symbolic aidednquestion series of productive to strengthen the ability of solving Mathematics problem students since early. A learning device Teacher’s Guide as a supplement in developing basic competencies thematic lesson plan fourth grade Math odd semester. This research has produced a Teacher’s Guide with the device; witch is a representation enactive prop; visual media in the form of PowerPoint as iconic representations; students’ activity sheets (LKPD) and students’ task sheet (LTPD), and card problems (contextual problem). The benefit of this research that has been produced to assist teachers in developing lesson plan curriculum implementation in 2013. Research products in the form of Teacher's Guide Supplement to help teachers in developing the design and implementation of learning with a scientific approach. Suggested improvements focused integration aspects of attitudes, skills, and knowledge.

 

Keywords:     supplement of teacher guides, thematic learning of Mathematics based

                        competencies, contextual problems. 

Full Text:

PDF

References

Anderson, L. & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon.

Booth R.D.L.; Thomas M.O.J. 1999. Visualization in Mathematics Learning: Arithmetic Problem-Solving and Student Difficulties. Journal of Mathematical Behavior, Volume 18(2), pp. 169-190.

Hawa, S. 2007. Kegiatan Eksperimen pada Pengajaran Matematika sebagai U-paya Meningkatkan Aktivitas Pem-belajaran Matematika. Forum Ke-pendidikan Vol. 25(2).

Herman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkat-kan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Me-nengah Pertama (SMP). Disertasi Doktor pada PPS UPI: Tidak Diterbitkan

Hidayah, I, Sugiarto, dan Cahyono, A.N. 2013. Penguatan Tahapan Enaktif-Ikonik-Simbolik dengan Serangkaian Pertanyaan Produktif sebagai Fon-dasi Kemampuan Pemecahan Masa-lah Matematika Peserta Didik. La-poran Penelitian Hibah Bersaing.

Jalal, F. 2007. Sertifikasi Guru untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu? Makalah disampaikan pada Seminar Pendidikan yang diselenggarakan oleh PPs Unair, pada tanggal 28 April 2007 di Surabaya.

Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory into Practice, Vol. 41(4), pp. 212-218.

OECD. 2012. PISA 2012 RESULTS IN Focus. What 15 year-olds know and what they can do with what the know. Programme for International Student Assessment Problem Solving for Tomorrow’s World First Measures of Cross-Curricular Competencies from PISA 2003 (OECD)

Orton, A.. 1991. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. Caseel: University of leeds Centre for Studies Science and Mathematics Education.

Pantziara, M., Gagatsis, A., Elia, L. 2009. Using Diagram as Tools for Solution of Non-Rutien Mathematical Problems. Educ Stud Math. 72:39-60. DOI 10.1007/s10649-009-9181-5. Publised online: 10 Februari 2009.

Sugiarto. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Enaktif Ikonik Simbolik (Eis) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tesis: UNNES

Telzrow, C.F. 2000. Fidelity of Problem-Solving Implementation and Rela-tionship to Student Performance. Shool Psychology Review. Vol 29(3), pp. 443-461.

Turmudi. 2007. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaja

Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah

Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 67 tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurkulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyyah

Salinan Lampiran Permendikbud RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan dasar dan menengah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.