Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dengan Sistem Character Based Integrated Learning

Dian Kurniati

Abstract

Abstrak

Fokus dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu perangkat pembelajaran matematika SMP dengan menerapkan sistem Character Based Integrated Learning yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi RPP, LKS, Buku Siswa dan Instru-men Penilaian. Pada sistem Character Based Integrated Learning, kegiatan belajar meng-ajar mengacu pada 9 pilar karakter anak. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap pendefinisian (define), perancangan (de-sign), dan pengembangan (develop) dengan mengacu pada kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. RPP, LKS, dan Buku Siswa yang dihasilkan pada penelitian ini memenuhi kriteria kevalidan dengan skor validasi berturut-turut adalah 3.73, 4, dan 4 dengan skala 1-4. Selain itu, perangkat pembelajaran tersebut juga memenuhi kriteria kepraktisan karena 85% siswa dan guru menyatakan bahwa perangkat pembelajaran praktis digunakan ketika uji keterbacaan. Serta memenuhi kriteria keefektifan karena terdapat 90% siswa tuntas terhadap hasil belajar dan 80% siswa berkarakter baik.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika, Sistem Character Based Integrated Learning

Abstract

The focus of this research is to develop a set of mathematical learning SMP system by implementing Character -Based Integrated Learning valid, practical, and effective. The learning device includes lesson plans, worksheets, Student Book and Instrument. In Character Based Integrated Learning systems, learning activities refer to the 9 pillars of character kids. Learning software development procedures used in this study is the definition phase (define), design (design), and development (develop) with reference to the criteria of validity, practicality and effectiveness. Lesson plans, worksheets, and books produced by students in this study meets the criteria for the validity of the validation scores are respectively 3.73, 4, and 4. In addition, the learning device also meets the criteria of practicality because 85 % of students and teachers stated that the practical learning is used when the test readability. And meet the criteria of effectiveness because there are 90 % of students completed the study and 80 % students result of good character.

Keywords: Teaching Material Development; Character Based Integrated Learning System.

Full Text:

PDF

References

Dick, W. dan Carey, L. 1990. The Sistema-tic Design of Instruction. Third Edi-tion. Illionis: Harper Collins Publish-ers.

Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Mate-matika. Dirjen Dikti, P2LPTK, Ja-karta.

Lickona, T. 1992. Educating for Charac-ter, How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karak-ter. Bogor: Indonesia Heritage Fo-undation.

---. 2009. Menyemai Benih Karakter. Bogor: Indonesia Heritage Found-ation

Soedjadi. 1989. Memahami Kenyataan Pe-ngajaran Matematika SD Dewasa I-ni dan Menatap Harapan Hari De-pan. IKIP Surabaya.

---. 1994. Memantapkan Matematika Se-kolah Sebagai Wahana Pendidikan Dan Pembudayaan Penalaran. Me-dia Pendidikan matematika. IKIP Surabaya.

---. 1999. Kiat-Kiat Pendidikan Matema-tika di Indonesia. Dirjen Dikti. Dep-diknas. Jakarta.

---. 1991. Penelitian Kualitatif (Pengan-tar Dan Dasar Teori, Metode, De-sign, dan Contoh). Materi Pokok Pe-nataran untuk Dosen Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cendrawa-sih. Pascasarjana IKIP Surabaya.

Thiagarajan, S.; Semmel, D.S. & Semmel, M.I. 1974. Instructional Develop-ment for Training Teachers of Ex-ceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Ins-titute/Special Education, University of Minnesota.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Stan-dar Kompetensi Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.