Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Student Activities Handout

Khoirul Anwar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi aktivitas siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Di samping itu, model pembelajaran yang diterapkan guru monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi akibat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan Student Activities Hand Out. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Dempet Demak semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket yang selanjutnya dianalisis sebagai data kualitatif, serta penilaian hasil ulangan blok dianalisis sebagai data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw berbantuan student Activities Hand Out dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata rata mencapai 7,45 dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai 86,67%, meningkatkan aktivitas siswa sebesar 91,67% dengan tingkat kerja sama 3,75 (baik sekali) dan antusiasme 4,00 (baik sekali), dan respon siswa terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan adalah sangat positif (79,17%). Oleh karena itu, model pembelajaran Jigsaw berbantuan student Activities Hand Out dapat diterapkan pada pembelajaran matematika, khsususnya turunan fungsi.

Keywords

Full Text:

PDF

References

Abba, N. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajarn Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Hartoyo. (2006). Media Dan Alat Peraga. Bahan diskusi dalam semiloka di LPMP Jawa Tengah.

Ibrahim, M.; Rachmadiarti, F.; Nur, M.; dan Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.

Wijayanti, L.D. (2008). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Problem Solving pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus VII SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nasution, S. (2004). Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Solikah, F.D. (2009). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi dan Turunannya Kelas XI IPA 1 Semester II SMA Muhammadiyah I Nganjuk. http://digilib.unitomo.ac.id (diakses pada tanggal 17 April 2014).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.