Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Tanti Jumaisyaroh, E.E. Napitupulu, Hasratuddin Hasratuddin

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian kuasi eksperimen ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (2) interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung; (4) interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Swasta Ar-rahman Percut dan sampelnya adalah siswa kelas VIII sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Dari hasil analisis diperoleh: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran langsung; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis; (3) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran langsung (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemandirian belajar.

Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar

ABSTRACT

The purposes of this research were to know: (1) The difference of improvement in mathematical critical thinking ability of students that given problem-based learning with students that given direct learning; (2) The interaction between the model of learning with students mathematical previous knowledge toward the improvement in mathematical critical thinking ability; (3) The difference of improvement in self-regulated learning of students that given problem-based learning with students that given direct learning; (4) The interaction between the model of learning with students mathematical previous knowledge toward the improvement in self-regulated learning. The population of this research is all students of SMP Swasta Ar-rahman Percut and the sample of this research is grade eight with taken sample two classes (experiment and control) with sample 60 students. The instrument of this research were: test of mathematical critical thinking and scale of self-regulated learning. Based of the results analysis, it showed that: (1) Improvement of the students ability in mathematical critical thinking that given problem-based learning was higher than the students ability that given direct learning; (2) There did not exist interaction between model of learning and students mathematical previous knowledge toward the improvement ability mathematical critical thinking; (3) Improvment of the students self-regulated learning that given problem-based learning was higher than the students ability that given direct learning; (4) There did not exist interaction between model of learning and students mathematical previous knowledge toward the improvement self-regulated learning.

Keywords:Critical Thinking Mathematics, Self-Regulated Learning.

Keywords

Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References

Arends. 2007 . Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori- Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fahrurazy. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI, (Online), Edisi Khusus No.1, (http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf, diakses 25 Maret 2013).

Fauzi, A. 2011. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Di Sekolah Menengah Pertama. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional dan Konferensi Nasional ke-4, Jurusan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta, 21-23 Juli.

Hargis, J. 2000. The Self-Regulated Learner Advantage: Learning Science on the Internet. Electronic Journnal of Sciene Education, (Online), Vol.4 No.4, (http://wolfweb.unr.edu/homepage/cr owther/ejse/hargis.html, diakses 25 November 2013)

Ismaimuza, D. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI, (Online), Vol. 4 No.1, (http://eprints.unsri.ac.id/830/1/ 0_Dasa_Ismaimuza_1-10.pdf diakses 4 April 2013).

Lilik, S., Djannah,W., dan Wagimin. 2013. Tingkat Penguasaan Self-Regulated Learning Skills Ditinjau Dari Segi Prestasi Belajar dan Lama Studi Pada Mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Conselium, Vol.1 No.1, (online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ counsilium/issue/view/84? diakses 6 September 2013).

Napitupulu, E.E. 2008. Developing Reasoning Skills and Problem Solving Through Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma UNIMED.

Noer, S.H. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 5 Desember.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Santoso, F.G.I. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Matematika Siswa, Jurnal FMIPA, (Online), Vol. 1 No.2, (ikippgrimadiun.ac.id/ejournal/id/node/873, diakses 4 April 2014).

Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, (Online), Vol. 14, No. 1, (http://eprints.unsri.ac.id/1526/1/08 - Somakim_Matematika-%2842- 48%29.pdf diakses 12 Desember 2013).

Sugandi, A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, (Online), Vol. 2 No.2,(e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php /infinity/article /view /31/30, diakses 21 Januari 2014).

Suhery, D. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Kabupaten Aceh Tenggara Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, tanggal 8 Juli.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutama. 2011. Pengelolaan Pembelajaran Matematika untuk Penanaman dan Pengembangan Karakter Anti Korupsi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta, 24 Juli.

Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica,(Online),Vol. 2, No.1, (http://online-journal.unja.ac.id/ index.php/edumatica/article/view/60, diakses 23 Mei 2013).

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., dan Harningsih, E. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, (Online), Vol. 13, No.1, (http://tugasblogpertama.google code.com/files/Jurnal%20MIPAl%20 _Dian%20Baru_.pdf, diakses 14 November 2013).

Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.