Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP

Hazlita Hazlita, Zulkardi Zulkardi, Darmawijoyo Darmawijoyo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal penalaran model TIMSS konteks Sumatera Selatan yang valid dan praktis dan untuk melihat efek potensial soal matematika tipe TIMSS konteks Sumatera Selatan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 9 Palembang yang berjumlah 29 orang. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 37,93% siswa menunjukkan tingkat kemampuan penalaran matematis yang baik. Sebanyak 55,17% siswa menunjukkan tingkat kemampuan penalaran matematis yang cukup dan sebanyak 6,90% siswa menunjukkan tingkat kemampuan penalaran matematis yang kurang. Berdasarkan hasil tes tersebut, jika nilai rata-rata siswa siswa sebesar 39,24 dijadikan sebagai batas acuan, maka bisa disimpulkan bahwa 31,03% siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang kurang, sementara 68,97% siswa sudah memiliki kemampuan pelanaran matematis yang cukup baik.

Kata Kunci: Soal Penalaran; TIMSS; Konteks Sumatera Selatan

Abstract

The aim of this research was developing valid and practical TIMSS reasoning problem on mathematics context of South Sumatra. The subjects of this research were 29 students of class IX SMPN 9 Palembang. The method of research is the development of research. The results showed that 37.93% of students showed levels of good mathematical reasoning abilities, 55.17% of students showed levels sufficient mathematical reasoning ability and 6.90% of students showed levels of mathematical reasoning abilities are lacking. Based on the test results, if the 39.24 was determined as minimum limit of success, it means that 31.03% of students have less mathematical reasoning ability, while 68.97% of students already have sufficient mathematical reasoning ability.

Keywords: Problem Reasoning; TIMSS; Context South Sumatra

Keywords

Problem Reasoning; TIMSS; Context South Sumatra

Full Text:

PDF

References

Anisah. 2011. Pengembangan Soal-soal Model PISA pada konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Lubuklinggau. 5(1).

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Depdiknas. Jakarta:Ditjen Dikdasmen.

Http://kamusbahasaindonesia.org/penalaran#ixzz2sdQw5cc0. Diakses tanggal 8 Februari 2014.

Mullis, I.V.S., Martin, M. O., Ruddock, G. J., O'Sullivan, C.Y., & Preuschoff, C.,2009.TIMSS 2011 Assassement Frameworks.,USA:Boston Collage.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internastional Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Rosnawati, R. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. 2013. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan Mipa, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013.

Shadiq, Fajar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar tanggal 6 s.d 19 Agustus 2004. Tersedia : http://p4tkmatematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf. Diakses tanggal 7 Januari 2014.

Tessmer, Martin. 1998. Planning and conducting formative evaluations: improving the quality of education and training. London: Kogan Page.

Van den Akker, J. 1999. Principles and methods of development research. In (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training, pp.1-14. Dord-recht: Kluwer Academic Publishers.

Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Modul Matematika SMP Program BERMUTU. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Yuliana, H. 2012. Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD. Thesis Magister Pendidikan Matematika pada Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya: tidak diterbitkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.