Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Disco LeMPer berbantuan Software GeoGebra

Jurotun Jurotun

Abstract

Peserta didik belum menguasai kemampuan komunikasi matematika, baik kemampuan matematika lisan maupun kemampuan matematika secara tertulis. Peserta didik sulit membedakan penggunaan simbol dan lambang matematika, mengubah masalah nyata ke dalam bahasa matematika, serta mentransfer bentuk matematika ke dalam masalah nyata, peserta didik jarang mengajukan pertanyaan ataupun memberikan pendapatnya dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis melalui Disco LeMPer berbantuan Software GeoGebra. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari silkus 1 dan siklus 2. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Dempet. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan komunikasi matematis lisan sebesar 45% pada siklus 1 dan 22% pada siklus 2. Sedangkan untuk komunikasi tertulis terjadi peningkatan sebesar 30% untuk siklus 1 dan 42% untuk siklus 2. Dengan demikian pembelajaran Disco LeMPer berbantuan software GeoGebra dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik SMA untuk materi irisan kerucut.

Learners have not mastered the mathematical communication skills, both verbal and math skills math skills in writing. Learners are difficult to distinguish the use of symbols and mathematical symbol, changing the real problems into mathematical language, as well as the transfer form to the real problems of mathematics, students rarely ask questions or give opinions in the process of learning mathematics. This study aims to improve mathematical communication through "Disco Lemper" aided software GeoGebra.This research is a classroom action research with the type of research is a class action consisting of cycle 1 and cycle 2. Class Action Research was conducted in class XI MIA3 SMA Negeri 1 Dempet. Data collection tools used were observation sheet and a written tes. The results showed that an increase in oral mathematical communication by 45 % in cycle 1 and 22 % in cycle 2. As for written communication an increase of 30 % for the first cycle and 42 % for cycle 2. Thus Disco Lemper aided learning software GeoGebra can improve communication mathematical high school students to the material conic sections.

Keywords

Komunikasi Matematis; Disco LeMPer; GeoGebra

Full Text:

PDF

References

Afifah, N. (2011). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) (Suatu Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 14 Bandung). Skripsi FMIPA Pendidikan Matematika UPI: Tidak Diterbitkan.

Arifin. (2006). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Aktifitas Guru dan Hasil Belajar Murid. Ukhuwah, Vol. 1(4), pp. 25-27. ed. 2006.

Asikin, M. (2001). Komunikasi Matematika dalam RME. Seminar Nasional RME. Universitas Sanata Darma, Yogyakarta, 14-15 November 2001.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Standar Kompetensi Mata Pelajaran SMP dan MTs Kurikulum 2006. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang.

Maftuhah. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA dalam Konsep Substansi Genetika. (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008)

Nurlaelah, E. (2009). Pencapaian daya dan Kreativitas Matematik Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Apos. Disertasi Doktor Pada SPS UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nurhatim. (2015). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Cerpen, http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/298, (diunduh 24-1-2015)

Prasetyo. (2001). Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II SLTP Negeri 1 Driyorejo Gresik. Pelangi Pendidikan, Vol. 4(2), pp. 55-58, ed. 2001.

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukayah. (2006). Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Antara yang Menggunakan MetodeBermain Peran dan yang Menggunakan Metode Ceramah Pada Pokok Bahasan Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari. (Skripsi Universitas Negeri Jakarta, 2006)

Sumarmo, U. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pelatihan Guru Matematika, April 2003. Bandung: Jurusan Matematika ITB.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, H. (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.