Desain Pembelajaran dalam Memahami Konsep Luas Menggunakan Kain Motif Kotak-Kotak di Kelas III

Tri Muhti Haryani, Ratu Ilma Indra Putri, B. Santoso

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran penggunaan kain motif kotak-kotak yang dapat membantu siswa memahami konsep pada pembelajaran luas di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation studies yang melibatkan siswa kelas III SD Negeri 32 Palembang. Aktivitas dilakukan mulai dari kegiatan penggunaan kain motif kotak-kotak dalam memahami unit pengukuran dan ukuran unit sehingga penggunaan kain motif kotak-kotak memiliki peranan penting dalam membantu siswa memahami konsep pembelajaran luas di kelas III, selanjutnya menuju tahap formal yaitu melalui penggunaan kertas berpetak dalam membantu mengestimasi luas bentuk bangun datar tidak beraturan. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang berbasis pengalaman telah membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas.

The purpose of this research was to determine the role of the use of plaid fabric that can help students understand the concept of learning area in class III. The method used in this research is design research type validation studies involving students in grade 3 in elementary school (SDN 32) in Palembang. Activities carried out starting from the activity using plaid fabric in understanding the measurement unit and the size of the unit so that the use of plaid fabric has an important role in helping students understand the concept of area learning in class III, subsequently for the area to get to the formal stage is through the use of the paper's puzzle in helping to estimate area flat wake irregular shape. Results of experiments show that learning through a series of activities based on the experience has helped improve students' understanding of area concepts.

Keywords

luas; kain motif kotak-kotak; design research type validation studies; area; plaid fabric; design research type validation studies

References

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer tools. Utrech: Frudenthal Institute.

Cavanagh, M. (2008). Area Measurement in Year 7. Educational Studies in Mathematics, 33, 55-58.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Keijzer, R. (2008). Deca is ten. Paper presented at the 11th International Conference on Mathematics Education (ICME-11) for Topic Study Group 2: New developments and trends in mathematics education at primary level. Mexico: Monterrey.

Nieveen, N., McKenney, S. dan Akker, JVD. (2006). Educational Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Olivia, C., Deniyanti, P., dan Meiliasari. (2013). Mengembangkan Pemahaman Relasional Siswa Mengenai Luas Bangun Datar Segiempat dengan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Permendikbud.

Putra, Z. H. (2013). Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau dalam Pengukuran Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2), 18-24.

Sartika, R. (2012). Penggunaan Alat Peraga Kertas Berpetak Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Artikel Penelitian: FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41-54.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Usiskin, Z. (2012). What Does It Mean to Understand Some Mathematics? (12th International Congress on Mathematical Education). Online, http://www.icme12.org/upload/submission/188_F.pdf. Diakses 21 Januari 2014.

Van den Walle, J. A. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah (edisi ke-6). Jakarta: Erlangga.

Winarti, D.W., Amin, S. M., Lukito, A. dan Gallen, F. V. (2012). Learning The Concept of Area and Perimeter by Exploring Their Relation. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3(1), 41-54.

Zacharos, K. (2005). Students Measurement Strategies of Area. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 4(2), 111-127.

Zulkardi dan Ilma, R. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.