Meningkatkan Pemahaman dan Mengembangkan Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Proyek
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman serta mengembangkan karakter mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada mahasiswa Program Studi Matematika peserta perkuliahan Analisis Runtun Waktu di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang tahun akademik 2014/2015 sejumlah 43 mahasiswa. Prosedur penelitian tindakan mencakup 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) evaluasi-refleksi. Instrumen penilaian berupa tes, lembar observasi serta kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar baik pada hasil proyek kelompok yaitu 72,2 pada siklus I dan meningkat menjadi 86,09 pada siklus II, maupun rata-rata hasil tes individu, yaitu 78,77 pada siklus I menjadi 83,56 pada siklus II. Serta peningkatan presentase jumlah mahasiswa yang memperoleh hasil belajar lebih dari 80 yaitu terdapat 20 mahasiswa (46,5%) pada siklus I menjadi 37 mahasiswa (86%) pada siklus II. Disamping itu, penelitian ini menumbuhkan karakter disiplin, rasa ingin tahu, kerjasama (toleran dan demokratis), tanggung jawab, jujur, peduli, serta cinta tanah air pada mahasiswa.
The purpose of this study is to improve and developed the students abillity and character through project-based learning. This research was an action research performed in 2 cycles on 43 students in Analisis Runtun Waktu subject in Mathematics Department, Semarang State University. Action research procedure includes four stages: (1) planning, (2) implementation of the action, (3) observation, and (4) evaluation-reflection. Instrument used are tests, observation sheet and questionnaire. The results showed there are increase in student understanding shown by the increase in the average value of learning outcomes either on the results of the project groups: 72,2 in the first cycle and increased to 86,09 in the second cycle, and the average results of the individual tests, that is 78,77 in the first cycle to 83,56 in the second cycle. And increasing the percentage of the number of students who gained more than 80 learning outcomes which there are 20 students (46,5%) in the first cycle to 37 students (86%) in the second cycle. In addition, this study raise the character of discipline, curiosity, cooperation (tolerant and democratic), responsibility, honesty, caring, and love of the homeland to the student.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, R., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180-186
Grant, M. M. (2002). Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A middle school computer technologies journal, 5(1), 83.
Miswanto, M. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 60-68
Septianawati, R. (2013). Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana. Antologi PGSD Bumi Siliwangi, 1(1), 1-14.
Sungkono. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(1).
Turyantana, K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Tercapainya Ketuntasan Hasil Belajar Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-15.
Yance, RD, Ramli E, & Mufit F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Of Physics Education, 1(1), 48-54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.