Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dalam Pembelajaran Segitiga

Nyiayu Fraisa Fatiyah, Ratu Ilma Indra Putri, Ely Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi sifat-sifat segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya menggunakan konteks Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di kelas VII. Desain pembelajaran yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Dalam penelitian ini, serangkaian aktifitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan pendekatan PMRI. Penelitian ini melibatkan 29 orang siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Utara. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 3 aktifitas yaitu menentukan jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya, hubungan panjang sisi dan besar sudut pada segitiga dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat segitiga berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa konteks Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dapat digunakan sebagai starting point pada materi segitiga di kelas VII SMP.

This research aims to produce a learning trajectory on the material properties of triangles based on the side and angle using the context Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring in class VII. Instructional design used consisted of three stages: preliminary design, design experiment (pilot experiment and teaching experiment), and retrospective analysis. This study used learning activities are designed and developed based on PMRI approach. Subjects were 29 seventh grade students of SMP Negeri 2 Indralaya Utara. This research resulted Learning Trajectory (LT), which contains a series of learning processes in the three activities that determine the types of triangles based on the side and angle, relationship side lenght and angle of the triangle and resolve problems related to the properties of triangles based on side length and angle. Results of the experiments showed that the Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring could be used as a starting point by seventh grade senior high school students to learn triangle.

Keywords

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring; PMRI; triangle

Full Text:

PDF (rev2)

References

Cutugno, Palmina & Filippo Spagnolo. (2004). Misconceptions About Triangle in Elementary School. Diakses tanggal 24 Oktober 2014, pada http://math.unipa.it/~grim/SiCutugnoSpa.PDF

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Fuys, David, Dorothy Geddes & Rosamond Tischler. (1988). The van Hiele Model of Thinking in Geometry among Adolescents, Journal for Research in Mathematics Education. Monograph Series, no. 3 Reston, Va : National Council of Teacher of Mathematics

Gravemeijer, K. dan Cobb, P. (2001). Design Research From A Learning Design Perspective. Dalam Akker, dkk. (Ed.): Educational Design Research. New York: Routledge. Hlm. 17 51.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Va. : NCTM

Rizkianto, Ilham. (2012). Design Research On Mathematics Education Constructing Geometric Properties of Rectangle, Square and Triangle in The Third Grade of Indonesian Primary School. Tesis PPs UNSRI.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yezita, Elva, Media Rosha & Yerizon. (2012). Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga dan Segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme, artikel dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1, 2012.

Zainab, Zulkardi, & Yusuf, H. (2013). Desain Pembelajaran Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kerajinan Tradisional Kain Tajung Palembang Untuk Kelas IX SMP. Tesis PPs UNSRI.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistik Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral thesis of Twente University. Enschede: Twente University.

Zulkardi & Putri, R. I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika, artikel dalam Paper terseleksi dan dipublikasikan pada Prosiding KNM 13, Semarang, 2006.

Zulkardi. (2009). The P in PMRI: Progress and Problems. In Proceedings of IICMA 2009 Mathematics Education, pp. 773-780. Yogyakarta: IndoMs.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.