Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi

Hardi Suyitno, Rochmad Rochmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Filsafat Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi berbasis kompetensi dan konservasi. Perangkat dikembangkan menggunakan model 4-D yang dicetuskan oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel. Dari segi validitas, silabus yang dikembangkan memperoleh skor kevalidan 86.11, SAP yang dikembangkan memperoleh skor kevalidan 89.58, kontrak perkuliahan yang dikembangkan memperoleh skor kevalidan 86.81, lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan memperoleh skor kevalidan 86.81. Sementara dari segi kepraktisan, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 91.00, serta respon positif mahasiswa terhadap semua aspek berada di atas 50%. Dari segi keefektifan, diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata hasil tes pertama dan kedua meningkat dari 84.43 menjadi 94.49. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Filsafat Matematika yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif.

This research aims to develop a learning tools of Philosophy of Mathematics through STAD cooperative learning with the competency-based and conservation-based strategies. We develop the learning tools using 4-D models developed by Thiagarajan, Semmel, & Semmel. In terms of validity, the syllabus obtain a score of validity 86.11, lesson plan obtain a score of validity 89.58, lectures contract obtain a score of validity 86.81, and student worksheets obtain a score of validity 86.81. In terms of practicality, observation of feasibility study get a score of 91.00, and we get more then 50% of positive response for all aspects in a questionnaire filled out by students. In terms of effectiveness, the average value of the first and the second test results increase of 84.43 into 94.49. These results suggest that the learning tools developed are valid, practical, and effective.

Keywords

pengembangan; perangkat pembelajaran; filsafat matematika; STAD

Full Text:

PDF

References

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. Hampshire: The Falmer Press.

Hamzah, M. (2008). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Berbantuan CD Interaktif Berorientasi Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Kelas IX. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hers, R. (1997). What is Mathematics, Really? London: Jonathan Cape.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1989). Active Learning: Cooperation in The College Classroom Intersection. Edina, Minnesota: Interaction Book Company.

Jones, M. G., & Brader-Araje, L. (2002). The Impact of Constructivism on Education: Language, Discourse, and Meaning. American Communication Journal, 5(3).

Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Universitas Negeri Surabaya.

Marwanto, R. (2008). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD Berbantuan CD Pembelajaran pada Materi Geometri Kelas VIII. Thesis Universitas Negeri Semarang.

Nykos, M., & Hashimoto, R. (1997). Constructivist Theory Applied to Collaborative Learning in Teacher Education. The Modern Language Journal, 81(4), 506-517.

Suharsaputra, U. (2004). Filsafat Ilmu. Kuningan: Universitas Kuningan.

Sulistyorini. (1998). Pengembangan Belajar Pembelajaran dengan Model “Flex Your Brain” pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognisi dan Meta Kognisi. Thesis, IKIP Surabaya, Pascasarjana.

Suminar, E. P. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe STAD Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Thesis Universitas Sebelas Maret.

Suyitno, H. (2014). Pengenalan Filsafat Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

van den Akker, J., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands: Springer .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.