Pengembangan Perangkat Pembelajaran Telaah Kurikulum Matematika 1 Mengintegrasikan Kreativitas dan Karakter Cerdas Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Proyek

Muhammad Asikin, Rochmad Rochmad, Ary Woro Kurniasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan Perangkat Pembelajaran Telaah Kurikulum Matematika 1 Mengintegrasikan Kreativitas Dan Karakter Cerdas Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Proyek. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan dan diuji cobakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Telaah kurikulum matematika 1 mengintegrasikan kreativitas dan karakter cerdas melalui pembelajaran kooperatif berbasis asesmen proyek.. Adapun model pengembangan perangkat yang akan digunakan pada penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Plomp (1997). Perangkat yang dikembangkan kemudian divalidasi ahli dan diujicobakan. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian ini mahasiswa Telaah Kurikulum Matematika 1 sebanyak 45 orang.

Pengembangan perangkat pembelajaran telaah kurikulum matematika 1 mengintegrasikan kreativitas dan karakter cerdas melalui pembelajaran kooperatif berbasis asesmen proyek mengacu pada teori pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp dengan fase-fase (1) investigasi awal, (2) Design, (3) Realisasi, dan (4) Tes, evaluasi, dan revisi. Perangkat yang dikembangkan meliputi penggalan silabus, (2) satuan acara perkuliahan, (3) kontrak perkuliahan, (4) instrumen penilaian kreativitas, (5) angket penilaian diri karakter cerdas, (6) instrumen penilaian pelaksanaan peer teaching, (7) lembar pengamatan kreativitas mahasiswa, (8) asesmen proyek (9) Tes matematika yang sesuai dengan dengan pembelajaran kooperatif dengan integrasi kreativitas dan karakter cerdas pada telaah kurikulum matematika 1 yang mengintegrasikan kreativitas dan karakter cerdas melalui pembelajaran kooperatif berbasis asesmen proyek. Hasil pengembangan Perangkat Pembelajaran Telaah Kurikulum Matematika 1 Mengintegrasikan Kreativitas dan Karakter Cerdas Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Proyek diperoleh perangkat yang valid. Implementasi pengembangan Perangkat Pembelajaran Telaah Kurikulum Matematika 1 Mengintegrasikan Kreativitas dan Karakter Cerdas Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Proyek menunjukkan praktis dan efektif.

Keywords

pengembangan perangkat pembelajaran; kreativitas; karakter cerdas; asesmen proyek; pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References

Choo, S. S., Rotgans, J. I., Yew, E. H., & Schmidt, H. G. (2011). Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. Advances in health sciences education, 16(4), 517-528.

Clay, M., & Cazden, C. (1990). In L.C. Moll (Ed.), Vygotsky and education: Instructional implications A Vygotskian interpretation of Reading Recovery and applications of sociohistorical psychology. (pp. 206-222). Cambridge: Cambridge University Press.

Department Education Republic of South Africa. Tanpa tahun. National Curriculum Statement Assessment Guidelines for General Education and Training (Intermediate and Senior Phases) Mathematics. Online. (http://www.education.gov.za/LinkClick.aspx?fileticket=t%2B03xrnWEZ4%3D&tabid=267&mid, diakses 11 Januari 2015)

Depdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdikbud

Jbeili, I. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Research in Education (IJRE), 32. (online).(http://www.cedu.uaeu.ac.ae/journal/issue32/ch9_32en.pdf, diakses 29 April 2015)

Kim, S. H., & Song, K. S. (2013). The effects of thinking style based cooperative learning on group creativity. Creative Education, 3(08), 20-24.

Li, M.P., Lam, B.H. (2013). Cooperative Learning. The Hong Kong Institute of Education.

Masrukan. (2014). Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika: Mencakup asesmen afektif dan karakter. Semarang: Unnes

McMahon, B. E. (2000). Scaffolding: A suitable teaching characteristic in one-to-one

teaching in Maths Recovery. In Bana, Jack and Chapman, Anne, Eds. Proceedings Mathematics Education Beyond 2000 , pages 417-423, Fremantle, Western Australia.

Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty

Unnes. (2012). Buku Panduan Implementasi Kurikulum 2012 Unnes. Semarang

Wu, C. H., Hwang, G. J., Kuo, F. R., & Huang, I. (2013). A mindtool-based collaborative learning approach to enhancing students' innovative performance in management courses. Australasian Journal of Educational Technology, 29(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.