Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TTW Berbasis Learning Journal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis

Edy Suyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi TTW (Think Talk Write) berbasis Learning Journal materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan. yang telah dimodifikasi, terdiri atas pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dibuat adalah Silabus, RPP, LKS, Buku Siswa dan Tes Kemampuan Menulis Matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan menulis matematis dan observasi untuk memperoleh data pengamatan. Teknik analisis data untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh 5 validator dengan menggunakan instrumen lembar validasi perangkat pembelajaran. Kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dianalisa setelah uji coba perangkat pada kelas yang diajar dengan strategi TTW berbasis Learning Journal. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata: Silabus 4,24, RPP 4,41, LKS 4,18, Buku Siswa 4,16, serta TKMM 4,23 dan juga telah memenuhi validitas isi, taraf kesukaran berimbang, daya pembeda minimal cukup dan reliabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis karena setelah diujicobakan diperoleh hasil: (1) siswa memberikan respons positif sebesar 93,22%, dan (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 4,51 (sangat baik). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif karena setelah diujicobakan diperoleh hasil: (1) Ketuntasan untuk kemampuan menulis matematis (2) keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan menulis matematis yaitu sebesar 69,8% dan (3) rata-rata kemampuan menulis matematis pada kelas yang diajar dengan strategi TTW berbasis Learning Journal lebih baik dari pada kelas yang tidak diajar dengan strategi TTW berbasis Learning Journal (81,72 berbanding 74,21). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan strategi TTW berbasis learning journal untuk meningkatkan kemampuan menulis matematis materi Bangun Ruang Sisi Datar pada siswa kelas VIII, valid, praktis dan efektif.

The aims of this study was producing a set of math learning administration using TTW (Think Talk Write) as its startegies based on Learning Journal, on topic Planar Side Space of class VIII which was valid, practical and effective. The development of learning tools was done using 4-D model of Thiagarajan, which has been modified, consists of defining, designing, and development. Learning administration created was the syllabus, lesson plans, worksheets, Student Books and Writing Mathematical Ability Test. The data collection technique using the technique of writing mathematical ability tests and observations to obtain observational data. Data analysis techniques to assess the validity of the learning is done by 5 validator using an instrument validation sheet learning device. Practicality and effectiveness of the learning device was analyzed after testing the device in the classes taught by TTW strategy based Learning Journal. Learning device validation results obtained average: Syllabus of 4.24, 4.41 RPP, LKS 4.18, Student Books 4,16 and 4,23 TKMM and has been meeting the validity of the content, the degree of difficulty was balanced, distinguishing minimal enough and reliable. Learning tools developed practical because once tested obtained results: (1) students give positive response by 93.22%, and (2) the ability of teachers to manage learning was 4.51 (very good). Developed effective learning tools because once tested obtained results: (1) Complete for writing mathematical ability (2) students' learning activeness affect the ability to write mathematical namely 69.8%, and (3) the average writing skills in classes taught mathematical with strategies based Learning Journal TTW better than the classes that are not taught by TTW strategy based Learning Journal (81.72 versus 74.21). It can be concluded that the results of the development of learning mathematics by TTW-based learning strategies to improve the writing skill journal mathematical material Build Space Side Flat in eighth grade, valid, practical and effective.

Keywords

strategi think talk write; learning journal; kemampuan menulis matematis

Full Text:

PDF

References

Aryani, K. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Writing From a Prompt dan Writing In Performance Tasks Pada Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

BSNP. (2008). Standar Isi. Jakarta

Sutama, S., & Putro, K. I. R. S. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, 1(1).

Sutama, S., & Putro, K. I. R. S. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, 1(1).

Junaedi, I. (2010). Pembelajaran Matematika dengan strategi Writing in Performance Tasks (Wipt) untuk meningkatkan kemampuan Menulis Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1(1), 11-20.

Kusumaningsih, W. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Strategi TTW melalui model Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematik Siswa SMP. Semarang: Unnes.

Mandal, R.R. (2009). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skill. The Modern Journal of Applied Linguistics, 1, 93-102.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Nurulita 2008. Bandung : Nusa Media

Supriyono. (2010). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Dengan Strategi TTW Berbantuan CD Pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Kelas VIII. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Sze, P. (2008). Online Collaborative Writing Using Wikis. The Internet TESL Journal, 14(1), 1-5.

Thiagarajan, Semmel. DS. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. A. Source Book Blomington; Central for Innovation on Teaching the Handicapped.

Trianto. (2002). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.