Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus

Teguh Prasojo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi trigonometri melalui pembelajaran matematika dengan metode Tutor Sebaya pada siswa kelas X IPA 7 SMA 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pengamatan untuk keaktifan siswa ada peningkatan sebesar 15,14 %. Hasil belajar matematika dari kondisi awal ke siklus I meningkat sebesar 14,42%, sedangkan dari siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 7,69%, sehingga secara keseluruhan dari kondisi awal ke siklus II ada peningkatan sebesar 23,22%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPA 7 SMA 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013 pada materi trigonometri.

The purpose of this research is to improve the activity and student learning outcomes through learning mathematics trigonometry materials with methods Peer tutoring in class X IPA 7 SMA 1 Kudus in the academic year 2012/2013. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each of which comprises four stages: planning, action, observation, and reflection. The observation of student activity there is an increase of 15.14%. Mathematics learning outcomes from the initial conditions to the first cycle increased by 14.42%, while from the first cycle to the second cycle there is an increase of 7.69%, so that the whole of the first condition to the second cycle there is an increase of 23.22%. So it can be concluded that by using the method of peer tutors can increase the activity and results of class X student IPA 7 SMA 1 Kudus in the academic year 2012/2013 in the subject of trigonometry.

Keywords

aktivitas; hasil belajar; metode tutor sebaya; trigonometri

Full Text:

PDF (Rev)

References

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, 3(1).

Hidayah, M. (2013). Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013. Lisanul'Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 2(1).

Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta, Depdikbud, Dirjen Dikti PPLPTK

Ishak dan Warji. (1987). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta. Liberty.

Melati, H. A. (2012). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Sungai Ambawang Melalui Pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (619-630)-HA Melati. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP), 6(3).

Nasution, A.H. (1990). Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Karya Aksara.

Nasution. (1992). Tekhnologi Pendidikan. Bandung. Jemmars.

Sardiman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Rajawali.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.