Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret

Danang Setyadi, Abd Qohar

Abstract

The objective of this study is to develop a web-based learning media in sequence and series. This kind of research was a research and development (R & D) study. The steps in developing this media consist of analysis of the products developed, developing initial products, and product trial. The result showed that web-based learning media valid.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi barisan dan deret. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan valid.

Keywords

media pembelajaran; barisan dan deret

References

Afgani, M. W., Darmawijoyo, D., & Purwoko, P. (2008). Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers

Darusalam, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X tata niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Biaga (JPTN) 3(2)

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Graham, S., & Golan, S. (1991). Motivational influences on cognition: Task involvement, ego involvement, and depth of information processing. Journal of Educational Psychology, 83(2), 187194

Hartono, E. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Bantul (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Maftuha, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Web dan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap. (Doctoral dissertation, UNEJ).

Philipcollett. (2014). Arithmetic sequence. Diakses tanggal 16 Maret 2016, pada https://www.geogebra.org/material/show/id/320267

Putra, A.R. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan computer berbasis kontruktivis untuk kelas X SMK pada materi geometri. (Tesis Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang)

Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media pengajaran. Bandung: Penerbit CV Sinar Baru Bandung

Sulistiowati, E. (2010). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Scramble Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tella, A. (2007). The impact of motivation on students academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in Nigeria. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education 3(2), 149-156

Umar. (2013). Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.