Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA

Jurotun Jurotun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa memalui model PBL STAD berbantuan Geogebra. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan indikator keberhassilan dilihat dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa ditiap siklusnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA2 SMA Negeri 1 Dempet. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes tertulis serta rubrik. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 12% pada siklus 1 dan 19% pada siklus 2. Sedangkan untuk hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 22% untuk siklus 1 dan 13% untuk siklus 2 disertai dengan adanya respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran Model PBL STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi program linier.

This study aims to improve the activity and learning outcomes of students through the model of PBL - STAD assisted Geogebra. This research is a classroom action research with indicators of succession seen with increasing activity and student learning outcomes in each cycle. Classroom Action Research was carried out in class XI MIPA2 SMA Negeri 1 Dempet. The data collection tools used are observation sheets, written tests and rubrics. The result showed that there was an increase of students' learning activity by 12% in cycle 1 and 19% in cycle 2. While for student learning result there was an increase of 22% for cycle 1 and 13% for cycle 2 accompanied by positive response of student to implementation of learning . Thus the learning of PBL - STAD model with Geogebra aid can improve student activity and result of learning in linear program material.

Keywords

Learning Activities; Learning Outcomes; PBL-STAD; Geogebra

References

Afiatin, T. (2011). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Diambil dari :http://inparametric.com/bhinablog/index.php?s=afiatin, pada tanggal 4 September 2015.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2015 SMA/SMK Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Masadah. (2011). Kajian Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 108-112.

Nurfaidah, Rahmawati, dan Nurhayati. (2011). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Decentralized Basic Education 3. 1(*), 33-39.

Nur, M. (2005). Pembelajaraan Kooperatif. Surabaya. PSMS Unesa.

Purnawati, M. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. FISE UNY

Rani, N. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students TeamsAchievement Division (STAD) Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. FISE UNY.

Rubiyatun. (2011). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X AK 3 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. FISE UNY.

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sudjana, N. (2010). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Tirtonegoro, S. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.