Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa

Aan Subhan Pamungkas, Yani Setiani, Heni Pujiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan pengetahuan awal, self esteem matematis dan kemampuan berpikir logis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun pertama berjumlah 34 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan awal dan kemampuan berpikir logis serta skala self esteem matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis statistic deskriptif untuk mengetahui gambaran ketiga variabel tersebut dan analisis regresi ganda serta anova satu jalur untuk melihat pengaruh variable pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis serta analisis anova satu jalur untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir logis ditinjau dari pengetahuan awal dan self esteem matematis. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif didapatkan gambaran bahwa (1) pengetahuan awal mahasiswa 35% termasuk kategori tinggi, 41% kategori sedang dan 24% kategori rendah; (2) self esteem matematis 29% kategori tinggi dan rendah serta 41% kategori sedang; (3) kemampuan berpikir logis 24% kategori tinggi, 65% kategori sedang dan 12% kategori rendah. Sedangkan berdasarkan analisis regresi dan anova satu jalur menunjukkan bahwa (1) terhadap hubungan yang signifikan antara pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis; (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir logis mahasiswa ditinjau dari pengetahuan awal dan self esteem matematis.

This study aims to assess the role of prior knowledge, mathematical self-esteem and logical thinking skills. This study is a correlational study with a quantitative approach. The population at the same sample in this study were all students of the Department of Science Education University of Sultan Ageng Tirtayasa first year amounted to 34 students were taken by simple random. Data collection technique used tests of prior knowledge, tests of logical thinking and mathematical self esteem scale. Analysis of the data in this research is the analysis of descriptive statistics, multiple regression analysis and one way ANOVA. Based on the results of descriptive data analysis, it was shown that (1) the prior knowledge of students categorized as high 35%, as midde 41% and as low 24%; (2) 29% mathematical self esteem high and low categories and 41% middle category; (3) the logical thinking high category 24%, middle catehory 65% and lower catgeory 12%. While based on regression analysis and one way ANOVA shows that (1) the significant relationship between prior knowledge and mathematical self esteem to logical thinking skills; (2) there are significant differences logical thinking skills of students in terms of prior knowledge and mathematical self esteem.

Keywords

Prior Knowledeg; Mathematical Self Esteem; Logicak Thinking Skills.

References

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan Self Efficacy dan Self Esteem Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 151-161.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, serta self-esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.

Hernawati, T. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Logis Matematis serta Self-Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis SPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Masi, L. (2017). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Lawrence, D. (2006). Enhancing self-esteem in the classroom (3rded.). London: Paul Chapman Publishing.

Muchlishin. (2010). Hubungan antara Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Materi Segitiga dan Segi Empat Kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang Tahun 2009/2010. Semarang: Skripsi Pendidikan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Nur. (2000). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Unesa Press.

Ramdani. (2011). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Prosiding SNaPP: Sains dan Teknologi.

Retnawati. (2009). Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemampuan Berfikir Logis/penalaran terhadap Kemampuan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Saragih, S. (2011). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan, Berpikir Logis, dan Sikap Positif Terhadap Matematika Kelas VIII. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA Dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi FPS IKIP Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sumarto. (2006). Konsep Dasar Berpikir; Pengantar ke Arah Berpikir Ilmiah. Makalah Seminar Akademik HUT Ke-40 FE Universitas Nasional Veteran Jawa Timur.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. EDUMATICA| Journal Pendidikan Matematika, 2(01).

Syaiful. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Sikap Siswa Terhadap Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Young, E. L., & Hoffmann, L. L. (2004). Self esteem in children: Strategies for parents and educators. Dalam A. S. Canter et. al. (Eds), Helping children at home and school II: Strategies for families and educators (pp 87-89 (S5)). Bethesda, MD: NASP Publications.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.