Manuscript Template

Untuk mempercepat proses review dan layout editing, Editor berharap penulis mengikuti template dari kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, sebagai berikut:

 

ATURAN UMUM

Naskah ditulis dengan font times new roman, ukuran 12. Ukuran kertas A4 dengan margin "Normal". Usahakan lebar tabel bisa muat dalam setengah halaman (setting dua kolom), demikian juga dengan gambar.

Penulisan pustaka menggunakan reference manager, seperti Mendeley atau EndNote. Penulisan pustaka menggunakan format APA yang sekurangnya terdapat 6 rujukan pada setiap kata kunci pada judul.

Jurnal Kreano tidak membolehkan artikel ditulis oleh 1 Penulis. Aturan ini mulai berlaku tahun 2018 (Vol. 9).

Tidak ada numbering pada artikel Jurnal Kreano.

 

ATURAN KHUSUS

Judul: Ditulis dengan kalimat yang jelas, singkat dan padat terdiri tidak lebih dari 15 kata. Judul ditulis dengan tipe Capitalize Each Word kecuali untuk kata sambung di-, dalam- untuk- dan sejenisnya. Diletakkan di tengah, satu spasi, times new roman ukuran huruf 14, dicetak tebal. Untuk kata asing, tulisan dicetak miring.

Nama ditulis lengkap, tanpa gelar.

Abstrak ditulis kira-kira 150 kata, dengan isi: Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Karakteristik Sampel atau Setting Penelitian, Hasil Penelitian, dan Simpulan. abstrak disertai dengan abstract yang berhasa Inggris.

Pendahuluan, berisi 3 hal, yaitu: Kondisi Ideal dari variabel bebas yang diteliti (diperkuat dengan hasil penelitian sebelumnya); Masalah, yaitu GAP antara kondisi ideal dan fakta yang ada; Solusi atau arti penting ide yang enjadi inti dari riset. Pada pendahuluan, Penulis sebaiknya mencantumkan sekurangnya 5 rujukan yang disitasi.

Metode penelitian ditulis ringkas dan jelas.

Hasil dan Pembahasan; pada bagian hasil, penulis diminta untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian yang ada pada metode. Jika risetnya adalah pengembangan, maka setiap tahapan pengembangan dituliskan prosesnya dan hasilnya. Sebaiknya dikaitkan juga dengan penelitian sebelumnya. PEMBASAHAN harus bisa mengaitkan dengan penelitian sebelumnya, sehingga akan tampak, apakah penelitian ini menguatkan penelitian sebelumnya atau menemukan hal baru yang berbeda.

Simpulan ditulis dalam 1 paragraf. Ucapan terima kasih ditulis setelah simpulan, sebelum daftar pustaka.

Daftar Pustaka ditulis dengan format APA, sekurangnya 10 rujukan dari jurnal. Masing-masing kata kunci pada judul, ada 6 rujukan sekurangnya.

 

UNTUK MEMPERMUDAH MENULIS, SILAKAN GUNAKAN TEMPLATE ARTIKEL YANG DAPAT DIUNDUH DISINI