Fotonovela with Cognitive Conflict Approach as Media to Discloses The Easy and Difficult Remedied Misconception

Arista Rahayu, Hartono Hartono, Sutikno Sutikno

Abstract


identifikasi miskonsepsi menggunakan CRI dan wawancara sehingga diketahui adanya miskobsepsi pada materi kubematika gerak lurus. penggunaan fotonovela berpebdekatan konflik kognitif dapat menurunkan miskonsepsi sebesar 14,81%.

Keywords


konflik kognitif, miskobsepsi, fotonovela, remediasi

Full Text:

PDF

References


Adnyani, N.W., Sadia, I.W., & Natajaya, I.N. 2013. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Penurunan Miskonsepsi Fisika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bebandem”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-10.

Ani, R.A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Belajar Pendapatan Nasional dengan Komik Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA N 1 Mranggen”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7 (1): 67 – 78.

Aviyanti, L & Utama, J.A. 2011. “Konsepsi Awal Mahasiswa Fisika Terhadap Materi Bintang dan Evolusi Bintang dalam Perkuliahan Astrofisika”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7: 111-114.

Fauziyah, R., Yuliati, L., & Hidayat, A. 2016. “Identifikasi Pemahaman Konsep Pemantulan Siswa SMK”. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 457-461.

Haris, V. 2013. “Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index)”. Jurnal Ta’dib, 16 (1): 77-86.

Janah, N.M. 2017. “Implementasi Model Inkuiri Berbasis Laboratorium terhadap Perubahan Konseptual Siswa SMA pada Konsep Fotosintesis”. Edusains, 9 (1): 10-13.

Kamilah, D.S. & Suwarna, I.W. 2016. “Pengembangan Three-Tier Test Digital untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis”. Edusains, 8 (2): 212-220.

Kirova, A., Emme, M. 2008. Fotonovela as a research tool in image-based participaory research with immigrant children. International Journal of qualitative methods, 7(2): 35-56.

Khotimah, F.N., Noor, M.F., & Juanengsih, N. 2014. “Miskonsepsi Konsep Archaebacteria dan Eubacteria”. Edusains, 6 (2): 118-128.

Mudjiarto, R. 2002. Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Fisika Melalui Pendekatan Pembelajaran Konseptual Secara Interaktif. Mimbar Pendidikan. (2): 17-24.

Mufarridah, D. 2015. Reduksi Miskonsepsi Kinematika Siswa Melalui Model Kooperatif Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Kit Dan Phet. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2): 557-571.

Mukti, A.D.Y., Raharjo, T. & Wiyono, E. 2010. Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). 1(1): 39041.

Nurhaida, I., Hariyanto ,S.P., Junaidi, A. & Syah, P. 2010. Merancang Media Hiburan Buku Cergam Menjadi Media Belajar untuk Alat Bantu Komunikasi. Mediator, 8(1): 51-63.

Pujianto, A. Nurjamah., & Darmadi, I.W., (2013). Analisis Konsepsi Sisw pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT).1(1): 16-21.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A.K., Subali, B. & Jumadi.2014. “Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif”. Cakrawala Pendidikan, 33 (3): 413-420.

Rahayu, A., Murniati, N.A.N., dan Farikhah, I. 2013. Kajian Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Fotonovela Berbasis Pendidikan Karakter. Lontar Physics Forum 1316. 1-8.

Rachmawati, S., Susanto, H., & Fianti. 2017. “Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya”. Unnes Physics Education Journal, 6 (3): 26-31.

Rositasari, D., Saridewi, N., & Agung, S. 2014. “Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier untuk Mendeteksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Topik Asam-Basa”. Edusains, 6 (2): 170-176.

Setyadi, E. & Komalasari, A., 2012. “Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas 1 di SMA Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah”. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 4 (1&2): 46-49.

Sukariasih, L. 2016. “Penggunaan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus”. Jurnal Aplikasi Fisika, 12 (2): 60-63.

Taufiq, M. 2012. “Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2): 198-203.

Zain, N., H., Parmin, & Sumarni, W. 2013. “Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan”. Unnes Science Education Journal, 2 (1): 217-222




DOI: https://doi.org/10.15294/physcomm.v2i1.12942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats