Fotonovela with Cognitive Conflict Approach as Media to Discloses The Easy and Difficult Remedied Misconception
(1) pendidikan fisika unnes
(2) 
(3) 
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, N.W., Sadia, I.W., & Natajaya, I.N. 2013. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Penurunan Miskonsepsi Fisika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bebandemâ€. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-10.
Ani, R.A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Belajar Pendapatan Nasional dengan Komik Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA N 1 Mranggenâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7 (1): 67 – 78.
Aviyanti, L & Utama, J.A. 2011. “Konsepsi Awal Mahasiswa Fisika Terhadap Materi Bintang dan Evolusi Bintang dalam Perkuliahan Astrofisikaâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7: 111-114.
Fauziyah, R., Yuliati, L., & Hidayat, A. 2016. “Identifikasi Pemahaman Konsep Pemantulan Siswa SMKâ€. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 457-461.
Haris, V. 2013. “Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index)â€. Jurnal Ta’dib, 16 (1): 77-86.
Janah, N.M. 2017. “Implementasi Model Inkuiri Berbasis Laboratorium terhadap Perubahan Konseptual Siswa SMA pada Konsep Fotosintesisâ€. Edusains, 9 (1): 10-13.
Kamilah, D.S. & Suwarna, I.W. 2016. “Pengembangan Three-Tier Test Digital untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statisâ€. Edusains, 8 (2): 212-220.
Kirova, A., Emme, M. 2008. Fotonovela as a research tool in image-based participaory research with immigrant children. International Journal of qualitative methods, 7(2): 35-56.
Khotimah, F.N., Noor, M.F., & Juanengsih, N. 2014. “Miskonsepsi Konsep Archaebacteria dan Eubacteriaâ€. Edusains, 6 (2): 118-128.
Mudjiarto, R. 2002. Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Fisika Melalui Pendekatan Pembelajaran Konseptual Secara Interaktif. Mimbar Pendidikan. (2): 17-24.
Mufarridah, D. 2015. Reduksi Miskonsepsi Kinematika Siswa Melalui Model Kooperatif Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Kit Dan Phet. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2): 557-571.
Mukti, A.D.Y., Raharjo, T. & Wiyono, E. 2010. Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). 1(1): 39041.
Nurhaida, I., Hariyanto ,S.P., Junaidi, A. & Syah, P. 2010. Merancang Media Hiburan Buku Cergam Menjadi Media Belajar untuk Alat Bantu Komunikasi. Mediator, 8(1): 51-63.
Pujianto, A. Nurjamah., & Darmadi, I.W., (2013). Analisis Konsepsi Sisw pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT).1(1): 16-21.
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A.K., Subali, B. & Jumadi.2014. “Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektifâ€. Cakrawala Pendidikan, 33 (3): 413-420.
Rahayu, A., Murniati, N.A.N., dan Farikhah, I. 2013. Kajian Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Fotonovela Berbasis Pendidikan Karakter. Lontar Physics Forum 1316. 1-8.
Rachmawati, S., Susanto, H., & Fianti. 2017. “Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Suryaâ€. Unnes Physics Education Journal, 6 (3): 26-31.
Rositasari, D., Saridewi, N., & Agung, S. 2014. “Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier untuk Mendeteksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Topik Asam-Basaâ€. Edusains, 6 (2): 170-176.
Setyadi, E. & Komalasari, A., 2012. “Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas 1 di SMA Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengahâ€. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 4 (1&2): 46-49.
Sukariasih, L. 2016. “Penggunaan Strategi Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurusâ€. Jurnal Aplikasi Fisika, 12 (2): 60-63.
Taufiq, M. 2012. “Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5Eâ€. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2): 198-203.
Zain, N., H., Parmin, & Sumarni, W. 2013. “Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatanâ€. Unnes Science Education Journal, 2 (1): 217-222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License