Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA

Egha Alifa Putra, Ria Sudiana, Aan Subhan Pamungkas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan learning management system (LMS) berbasis smartphone  sebagai media pembelajaran matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu Analisis terhadap keadaan sekolah dan menemukan potensi serta masalah yang ada mengenai media pembelajaran, mendesain media pembelajaran sesuai dengan hasil analisis, mengembangkan hasil desain yang telah dibuat, implementasi terhadap media pembelajaran kepada para ahli yaitu ahli media pembelajaaran dan ahli Pendidikan matematika, serta evaluasi media pembelajaran yang telah layak menurut para ahli kepada siswa serta praktisi yaitu guru. Untuk melihat kelayakan dari media pembelajaran dilakukan validasi produk awal media pembelajaran. Pada tahap implementasi dilakukan validasi produk yang telah dibuat, adapun tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian terhadap media pembelajaran: 1) Ahli Media Pembelajaran diperoleh persentase 84% dengan kategori sangat baik, 2) Ahli Pendidikan Matematika diperoleh persentase 92,72% dengan kategori sangat baik. Efektifitas media pembelajaran  berdasarkan evaluasi media pembelajaran oleh siswa serta praktisi yaitu guru, adapun hasil yang didapatkan adalah 1) Respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh persentase 87,91% dengan kategori sangat baik, 2) Hasil praktisi guru diperoleh persentase 87,86%.

This study aims to develop a smartphone-based learning management system (LMS) as a medium for learning mathematics. The development model used is the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The steps taken are Analysis of the state of the school and finding potential and existing problems regarding learning media, designing learning media in accordance with the results of the analysis, developing the design results that have been made, implementation of learning media to experts namely learning media experts and math education experts, as well as evaluation of instructional media that are appropriate according to experts to students and teachers. To see the feasibility of learning media, the initial product learning media validation is done. At the implementation stage, product validation has been carried out, as for the level of quality of learning media based on the assessment of learning media: 1) Learning media experts obtained a percentage of 84% with very good categories, 2) Mathematics education experts obtained a percentage of 92.72% with very good categories. The effectiveness of learning media is based on the evaluation of instructional media by students and teachers, while the results obtained are 1) Students' responses to learning media obtained a percentage of 87.91% with very good categories, 2) Results of teacher practitioners obtained a percentage of 87.86%

Keywords

Smartphone; Learning Management System; Pembelajaran Matematika

References

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), (12), 8–12.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Boeker, M., Andel, P., Vach, W., & Frankenschmidt, A. (2013). Game-based e-learning is more effective than a conventional instructional method: a randomized controlled trial with third-year medical students. PloS one, 8(12).

Cigdemoglu, C., Arslan, H. O., & Akay, H. (2011). A phenomenological study of instructors’ experiences on an open source learning management system. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 790–795.

Dalu, Z.C.A., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(1), 25-33.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 25.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs, 3-21.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 31-42.

Khan, B. H. (2005). Managing Elearning: Design, Delevery, Implementation and Evaluation. IGI Global.

Koran, J. K. C. (2001). Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah-Sekolah Malaysia. E-Learning, 3.

Köse, U. (2010). A blended learning model supported with Web 2.0 technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2794–2802.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Lisdianto, W. (2016). Pengaruh Karakteristik Tenaga Penjual Terhadap Kualitas Hubungan Dan Implikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Tanggerang) (Doctoral dissertation). Universitas Mecu Buana Jakarta.

Mimbadri, Y., Suharto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 121-130.

Munir. (2014). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Antimicrobial agents and chemotherapy (Vol. 58). https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Mutaqin, A. (2016). Model Blended Learning di Program Studi Pendidikan Matematika Untirta. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 134–141.

NetApplications. (2016). Mobile/Tablet Operating System Market Share. Retrieved April 27, 2016, from https://www.netmarketshare.com/operating-systemmarket-share.aspx

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203.

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas XI MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. (Doctoral Dissertation). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan (Doctoral Dissertation). Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmayani, I. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. diakses tanggal 21 November 2017

Setiawan, A., Nurlaela, L., & Yundra, E. (2019, November). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Vokasi. In Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019 (pp. 52-56).

Suryanto, H. (2014). Pengembangan Multimedia E-Learning Berbasis Screencast-O-Matic dalam Pembelajaran Matematika. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 15-20.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yasar, O., & Adiguzel, T. (2010). A working successor of learning management systems: SLOODLE. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2(2), 5682-5685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.