Menggunakan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Konsep di SD

Zaenuri Mastur

Abstract

Masyarakat dapat dipersepsi sebagai sebuah ruangan kelas dan sekolah dapat dipandang sebagai representasi sebuah masyarakat; tempat murid, guru dan orang tua menciptakan definisi sebuah sekolah masyarakat. Di dalam masyarakat dimungkinkan terjadi miskonsepsi, namun demikian, miskonsepsi yang terjadi dan bersumber dari masyarakat dapat  “disembuhkan†menggunakan instrumen-instrumen yang tersedia di masyarakat. Telah terjadi miskonsepsi di komunitas siswa dan guru di jenjang SD, p = 22/7. Secara konseptual, nilai p merupakan perbandingan keliling dan diameter suatu benda yang berbentuk lingkaran. Melalui kegiatan pengukuran benda-benda berbentuk lingkaran yang tersedia cukup melimpah di lingkungan sekitar, kemudian membandingkannya dengan diameter, kesalahan Siswa di dalam memahami konsep  dan penerapannya melalui diskusi kelompok kecil, dapat direduksi sebesar 80%.

Kata kunci: lingkungan sekitar, sumber pembelajaran, konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.