Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP

Ruhban Maskur, Dwi Permatasari, Rosida M Rakhmawati

Abstract

Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika berbasis Rhythm Reading Vocal yang layak, menarik, efektif pada materi konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Rhythm Reading Vocal. Perolehan hasil uji kelayakan ahli materi 4,26 “Sangat Layak†dan ahli media 3,9 “Sangat Layakâ€. Hasil angket kemenarikan peserta didik uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 3,23 “Menarik†dari 10 peserta didik dan uji kelompok besar diperoleh skor rata-rata 3,41 “Sangat Menarik†dari 24 peserta didik. Hasil uji effect size diperoleh skor 1,03 “Tinggi’. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis Rhythm Reading Vocal pada materi konsep pecahan layak, efektif dijadikan bahan ajar jenjang SMP.

This research produces mathematics teaching material based on Rhythm Reading Vocal which is feasible, interesting, effective on fraction cocept material. This research is a development research using ADDIE model which consists of analysis, design, development, implementation, evaluation. The results obtained from this study are teaching materials based on Rhythm Reading Vocal. Aqcquistion of feasibility test results of material expert 4.26 “Very Feasible†and media expert 3.9 “Very feasibleâ€. The results of the attractiveness of the small group test students obtained an average score of 3.23 “Attractive†from 10 students amd large group test obtained an average score of 3.41 “ Very Interesting†from 24 students. Effect size test results obtained score 1.03 “Highâ€. Based on the results of the data analysis, it was concluded that the development of Rhythm Reading Vocal based mathematics teaching material on feasible fraction concept material, effectively became the teaching material for SMP.

Keywords

Fraction Concept; Developing of Mathematical Teaching Materials; Rhythm Reading Vocal

References

Anwar, C. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Melalui Media Kepingan CD (Compact Disk) Bagi Anak Kesulitan Belajar.E-Jupeku: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(3), 60-70.

Evasanti, N., Kumara, A. (2015). Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading. Gadjah Mada Journal Og Psychology, 1(2), 82-95.

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP Kelas VII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-45.

Fatikhah, I., & Izzati, N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient pada Pokok Bahasan Himpunan. Eduma, 4(2), 47-60.

Firmansah, A., Sutanto, T.S., Nusantara, H. (2019). Penggunaan Notasi Bantu dalam Pembelajaran Solfeggio untuk Meningkatkan Kemampuan Sight Reading - Sight Singing. JPKS: Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 4(2), 115-127.

Gilbert, D. (2018). It’s Just the Way I Learn!: Inclusion from the Perspective of a Student with Visual Impairment. Music Educators Journal, 105(1), 21-27.

Gunara, S. (2016). Pemanfaatan Sight Reading dalam Pembelajaran Piano. Ritme: Departemen Pendidikan Seni Musik-FPSD Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 84.

Laisa, K. (2017).Paket Komplit Belajar Keyboard Tanpa Guru. Semarang: Yanita.

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-35.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Mentari, D.A. (2014). Model Desain Sistem Pembelajaran Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil pada Mata Diklat Stenografi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(1), 117863.

Nugroho, M.A., Istiandini, W., Muniir, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Ritmis Menggunakan Lagu Model Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(3), 1-12.

Nurhidayati, S., Tayeb, T., & Baharuddin. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika & Pembelajaran, 5(2), 237-249.

Praswoto, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Pusat Diva Press.

Putri, F. M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 44-52.

Rusdewanti, P.P. (2915). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Piano 2 Melalui Metode Sight Reading di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY. IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni. 13(2), 1-17.

Rusni, Fretisari, I., Munir, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pola Ritme Notasi Balok dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(12), 1-14.

Sandiyanti, A., & Rakhmawati, R.M. (2018). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika. 1(2), 157-164.

Satria, M. (2017). Jago Bermain Gitar Otodidak Cara Praktis dan Mudah Belajar Gitar. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Shadiq, F. (2016). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siwardani, N.W., Dantes, N., &Sunu, A.I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 10.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. Harmonia: Journal of Arts Research and Education. 13(1), 45-53.

Suwarto. (2018). Konsep Operasi Bilangan Pecahan Melalui Garis Bilangan. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(3), 327-334.

Trianto. (2011). Mendesain Model Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi. 13(1), 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.