Pemahaman Mahasiswa Field Dependent dalam Merekonstruksi Konsep Grafik Fungsi
Abstract
Gaya kognitif (cognitive style) adalah cara yang konsisten yang dilakukan seseorang dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal, menanggapi suatu tugas atau menanggapi berbagai jenis situasi lingkungannya. Salah satu gaya kognitif yang dibicarakan luas dalam dunia pendidikan adalah gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Dalam mengkonstruk konsep matematika, Dubinsky mengajukan sebuah teori, yang dikenal dengan nama teori APOS. Menurut teori ini, ada empat tahap dalam mengkonstruk sebuah konsep matematika, yaitu: tahap aksi, proses, objek, dan skema. Materi grafik fungsi sudah dipelajari mahasiswa ketika mereka mengikuti kuliah Kalkulus 1 pada semester 1 dengan pengajaran klasikal. Setelah mereka menerima materi grafik fungsi melalui pengajaran secara klasikal, maka perlu dikaji bagaimana pemahaman masing-masing individu terhadap konsep grafik fungsi tersebut. Bagaimana mahasiswa yang berbeda gaya kognitifnya dalam merekonstruksi konsep grafik fungsi menurut teori APOS perlu diteliti secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman mahasiswa yang bergaya kognitif FD dalam merekonstruksi konsep grafik fungsi berorientasi pada teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skema grafik fungsi mahasiswa FD sudah koheren, namun ada bagian-bagian tertentu yang belum sempurna.
Full Text:
PDFReferences
Asiala, M., Cottril, J., Dubinsky, E., & Schwingendorf, K.E. 1997. The Development of Students’ Graphical Understanding of the Derivative. Journal of Mathematical Behavior. Vol 16 No 4 hal: 399-431.
Baker, B., Cooley, L., & Trigueros, M. 2000. A Calculus Graphing Schema. Journal for Research in Mathematis Education. Vol 31 No 5 hal: 557-578.
Clark, J.M., Cordero F., Cottrill, J., Czarnocha, B., DeVries, D.J., John, D.St., Tolias, G., & Vidakovic, D. 1997. Constructing a Schema: The Case of the Chain Rule. Journal of Mathematical Behavior. Vol 16 No 4 hal: 345-364.
Cottril, J., Dubinsky, E., Nichols, D., Schwingendorf, K., Thomas, K., & Vidakovic, D. 1996. Understanding the Limit Concept: Beginning with a Coodinated Process Schema. Journal of Mathematical Behavior. Vol 15 hal: 167-192.
Firel, S.N., Curcio, F.R., & Bright, G.W. 2001. Making Sense of Graphs: Critical Factors Influencing Comprehension and Instructional Implications. Journal for Research in Mathematis Education. Vol 32 No 2 hal: 124-158.
Gray, E., Pitta, D., & Tall, D. 2000. Objects, Actions, and Images: A perspective on Early Number Development. Journal of Mathematical Behavior. Vol 18 No. 4 hal: 401-403.
Ratumanan, T.G. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Negeri 1 dan SLTP Negeri 4 Ambon. Disertasi. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.
Roth, W.M. & Bowen, G.M. 2001. Professional Read Graphs: A Semiotic Anaysis. Journal for Research in Mathematis Education. Vol 32 No 2 hal: 159-194.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Tall, D., Thomas, M., Davis, G., Gray, E., & Simpson, A. What Is the Object of the Encapsulation of a Process? Journal of Mathematical Behavior. Vol 18 No 2 hal: 223-241.
Widada, W. 2002a. Teori APOS sebagai Suatu Alat Analisis Dekomposisi Genetik terhadap Perkembangan Konsep Matematika Seseorang. Journal of Indonesian Mathematical Society (MIHMI). Vol 8 No 3.
Widada, W. 2002b. Model Interaksi dari Beberapa Objek Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Gentengkali. Vol 4 No 1 & 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.