Development of Mathematics Learning Media Using STEM Approach to Linear Program Materials

Eka Aprilia, Heni Pujiastuti, Isna Rafianti

Abstract

This study aims to develop mathematics learning media with a STEM approach to linear program material that is valid, practical, and has a potential effect on student responses. This development research uses a research design that is a design research development study type. The research subjects were students of class XI MIPA 5 at SMA Negeri 14 Kota Tangerang. The research subjects were students of class XI MIPA 5 at SMA Negeri 14 Kota Tangerang. Based on the research results, the learning media is suitable for use in the learning process because it fulfills the indicators of validity, practicality, and potential effects. The validity of learning media based on the evaluation of education experts is 86% and the evaluation of media experts is 86%. The practicality of learning media is 94%. The potential effect of learning media is seen from the student's response by 95%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM pada materi program linear yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian yaitu design research tipe development study. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 14 Kota Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena memenuhi indikator kevalidian, kepraktisan, dan efek potensial. Kevalidan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli pendidikan sebesar 86% serta penilaian dari ahli media sebesar 86%. Kepraktisan media pembelajaran sebesar 94%. Efek potensial media pembelajaran dilihat dari respon siswa sebesar. 95%.

Keywords

Learning Media; STEM; Linear Program.

Full Text:

PDF

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Arifin, S. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Materi Program Linear Melalui Metode TSTS dengan Quipper School, In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 192-203).

Astra, I. M., Ruharman, D., & Umiatin. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 174–180.

Bakri, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolangu. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(1), 67-78.

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2013). Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 1–9.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effect of Integrative Approaches among Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning: A Preliminary Meta-Analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5), 23–37.

Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and Opportunities. Arlington, Virginia: NSTApress.

Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 23-34).

Hendikawati, P., Zuhair, M., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. In Proseding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 917–927).

Jalil, D.S.B.A. (2016). Panduan Pelaksanaan Sains, Teknologi, Kejuruteraan, dan Matematik (STEM) dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysia: Kementrian Pendidikan Malaysia Bahagian Pembangunan Kurikulum.

Kurniawati, W. (2013). Pengembangan alat peraga dan lembar kerja siswa berorientasi konstruktivisme dalam pembelajaran kimia sma. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2(1), 439–456.

Niswarni. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Program Linier Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas X Jasa Boga 1 Sekolah Menengah Kejurusan Negri 6 Palembang. JPMI, 6(2), 19–29.

Octaria, D., Zulkardi, & Somakim. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 43(2), 107–115.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal (UPEJ), 6(3), 54–58.

Puspitasari, I., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 39.

Putrawan, A.A., & Suharta, I. G. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi Matematika, 3(1), 38-50.

Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning RENSI (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 42–50.

Sanhadi, K. C. D., Mardiyana, & Pramudya, I. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Materi Program Linear Ditinjau Dari Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas XI SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2016 / 2017. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 99–110).

Sari, I. W., & Sumuslistiana. (2018). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Program Linear Kelas XI di SMA Widya Dharma Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 175–193.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(1), 87–92.

Sirwanti. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Linear Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Scientific dengan Media E-Learning. Jurnal Histogram, 1(1), 57–67.

Suryadi, D. (2011). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. In Joint Conference UPI-UiTM 2011 “Strengthening Research Collaboration on Education.â€

Sutama. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.

Wisudawati, A. W. (2018). Sciense, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Approach againts a Microscopic Representation Skill in Atom and Molecule Concept. IJCER (International Journal of Chemistry Education Research), 2(1), 1–5.

Zarkasyi, C. N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dengan GeoGebra untuk Visualisasi Penggunaan Integral pada Siswa SMA. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 (pp. 283–290).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.