Mathematical Problem Solving Ability of SMP 1 Kelekar Students Analized Based on Student Learning Motivation

Hardian Mei Fajri, Misdalina Misdalina, Nila Kesumawati

Abstract

This study aims to describe how the students 'mathematical problem solving abilities in SMP Negeri 1 Kelekar were reviewed from the students' learning motivation on the material of the flat side of the cubes and blocks.  The method used in this research is descriptive quantitative.  The subjects of this study were 24 students of class IX1 SMP Negeri 1 Kelekar.  Data collection techniques in this study were a test of mathematical problem solving abilities and a questionnaire (questionnaire) student learning motivation.  The data analysis technique used descriptive statistics.  The results of the data analysis of this study indicate that: (1) students with a high learning motivation category obtained an average score of mathematical problem solving abilities, namely 70.00 in the moderate category;  (2) students with the moderate learning motivation category obtained an average score of mathematical problem solving abilities, namely 60.66 in the moderate category;  (3) Students with low learning motivation category obtained an average score of mathematical problem solving abilities, namely 41.00 in the low category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis aiswa SMP Negeri 1 Kelekar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IX1 SMP Negeri 1 Kelekar yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kuesioner (angket) motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data penelitian ini menunjukan bahwa: (1) siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu 70,00 kategori sedang; (2) siswa dengan kategori motivasi belajar sedang memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu 60,66 kategori sedang; (3) siswa dengan kategori motivasi belajar rendah memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu 41,00 kategori rendah.

Keywords

Analisis Deskriptif Kuantitatif; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Agsya, F. M., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Ssiswa MTS. Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 4, 31-44.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018, Mei). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematika Siswa Ke-las XI SMA Putra Juang Dalam Matematika Peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 144-153.

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the perfor-mance and attitude of first year university students. Social Sciences & Humanities Open, 1-7.

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. KREANO: Jurnal Matematika Kreaktif-Inovatif, 2, 191-197.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matemat-ika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.

Chao, J. Y., Tzeng, P. W., & Po, H. Y. (2017). The Study of Problem Solving Process of E-book PBL Course of Atayal Senior High School Students In Taiwan. EURASIA Jurnal of Math-ematics Science and Technology Education, 1001-1012.

Davita, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemam-puan Pemecahan Masalah Matematika Ditin-jau Dari Gender. KREANO: Jurnal Matematika Kreaktif-Inovatif, 1, 110-117.

Dwianjani, N. K., Candiasa, I. m., & Sariyasa. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Ma-salah Matematika. Numerical: Jurnal Ma-tematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 153-166.

Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 43-48.

Haataja, E., Moreno-Esteva, E. G., Salonen, V., Laine, A., Toivanen, M., & Hannula, M. S. (2019). Teacher's visual attention when scaf-folding collaborative mathematical problem solving. Teaching and Teacher Education, 1-15.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018, Maret). Ke-mampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2, 109-118.

Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On Draw. FIBONACCI Jurnal pendidikan Ma-tematika dan Matematika, 3(1), 65-76.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Ma-tematika Realistik. Universitas Pendidikan In-donesia, 15.

Kurniawan, G. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model AIR Berbantuan Media Pakpikpok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 232-241.

Kushendri, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Ke-mampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Journal On Education, 01, 94-100.

Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Ke-mampuan Pemecahan Masalah SD Pada Ma-teri KPK dan FBB. Journal On Education, 02, 25-35.

Misdalina, Asmawi, M., & Sujanto, B. (2018). Analy-sis of Lecturers' Work Performance Based on Pedagogy Competence and Work Motivatio. International Journal of Scientifie Research and Management (IJSRM), 06, 615-620.

Nasution, M. L., Yerizon, Y., & Gusmiyanti, G. (2018). Students' Mathematical Problem-Solving Abilities Through The Application of Learning Models Problem Based Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1-5.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemeca-han Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Maha-siswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 181-190.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Mul-timedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBO-NACCI, 2(2), 8-18.

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Ke-mampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(2579-9827), 1-10.

Rochmad, Agoestanto, & Kurniasih, A. W. (2016). Analisis Time-Line Dan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pem-belajaran Kooperatif Resiprokal. KREANO:Jurnal Matematika Kreaktif-Inovatif, 2, 217-231.

Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis Terhadap Prestasi Belajar Ma-tematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Da-tar ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91-100.

Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). Penggunaan Mathmagic Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. KREANO: Jurnal Matematika Kreaktif-Inovatif, 1, 46-52.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Ke-mampua Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabu-paten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Ma-tematika, 2, 166-175.

Widodo, K., Budiarto, M. T., & Lukito, A. (2018). Profil Pemecahan Masalah Kreaktif Siswa MA Ditinjau Dari Tingkat Math Self-Efficacy. KREANO : Jurnal Matematika Kreaktif Inovatif, 1, 10-16.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Mo-tivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ma-tematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Bahe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85-92.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.