Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

E. Widiyaningsih, E. Pujiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2012/ 2013. Ada dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diterapkan pem-belajaran matematika menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Direct Interaction(DI). Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching mencapai KKM individu dan klasikal, rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

 

This paper purpose of this study was to determine learning using the Quantum Teaching model exploration with Cabri 3D is effective to student’s problem solving ability. The population in this study was students of grade X Eleven Senior High School of Semarang academic year 2012/2013. There were two sample classes; those were an experimental class that applied mathematics learning using the Quantum Teaching model exploration with Cabri 3D and control class that applied Direct Instruction (DI) learning. The results showed that the learning outcomes of students in problem solving ability aspects using the Quantum Teaching model exploration with Cabri 3D  can achieve individual and classical mastery learning, the percentage of learning outcomes of student’s problem solving ability in experiment class  better than  learning outcomes of student’s problem solving ability in control class, the average of learning outcomes of student’s problem solving ability in experiment class  better than  learning outcomes of student’s problem solving ability in control class. So, the conclusion is learning using Quantum Teaching model exploration with Cabri 3D is effective to student’s problem solving ability.

 

Full Text:

PDF

References

Accascina, G. 2005. Using Cabri 3D Diagrams For Teaching Geometry., artikel dalam International Journal for Technology in Mathematics Education, Vol. 13(1), pp. 79-87.

Arsyad, A.2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Deporter, B, dkk. 2006. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiarto. 2009. Workshop Pendidikan Ma-tematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutarto, H. 2011. Cabrilog. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.